75 hektare sawah terendam, satu jembatan rusak

Senin, 25 Februari 2013 - 13:07 WIB
75 hektare sawah terendam,...
75 hektare sawah terendam, satu jembatan rusak
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang terjadi semalam membuat tanggul Sungai Konto di Desa Pucangsimo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur jebol. Akibatnya, 75 hektare sawah di Desa Gondangmanis dan Pucangsimo terendam.

Tidak hanya merendam areal persawahan, luapan Sungai Konto juga menyebabkan jembatan penghubung antara Kota Jombang dengan Kecamatan Mojowarno di Desa Gondek, nyaris putus.

Kerusakan jembatan disebabkan tanaman bambu yang menjadi penahan abrasi tumbang sehingga menghantam badan jembatan. Akibatnya, sisi barat jembatan anjlok dan retak.

Tak hanya itu, plengsengan atau turap disekitar jembatan juga sudah pecah dan berlobang. Untuk menghindari bahaya, warga menutup jalur ini dan melarang seluruh kendaraan roda empat melintas.

"Kami terpaksa menutup jembatan, karena jika dilalui mobil atau truk dikhawatirkan jembatan ambrol," kata Kepala Desa Gondek, Pramono, Senin (25/2/2013).

Seluruh kendaran roda empat dari Kota Jombang menuju Kecamatan Mojowarno atau sebaliknya untuk sementara dialihkan melalui jalur lain dengan jarak tempuh lebih jauh sekitar lima kilometer.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)