Waspadai wabah rabies, hewan peliharaan divaksinasi

Senin, 18 Februari 2013 - 18:23 WIB
Waspadai wabah rabies, hewan peliharaan divaksinasi
Waspadai wabah rabies, hewan peliharaan divaksinasi
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tetap mewaspadai penyebaran penyakit rabies. Salah satu upaya untuk mengantisipasinya, saat ini gencar melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan piaraan milik warga, seperti anjing, kucing, dan kera.

Staf Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Yogyakarta Doto Dewandono mengatakan selain sebagai langkah untuk mengantisipasi penyakit rabies, program vaksinasi tersebut juga sudah menjadi agenda rutin yang selalu dilakukan instansinya. Sehingga dengan langkah ini, jika ditemukan kasus rabies segera dapat ditangani secepatnya.

“Dari data yang ada selama dua tahun terakhir di Yogyakarta tidak ditemukan kasus rabies,” ungkap Doto, Senin (18/2/2013)

Selain dengan memberikan vaksinasi, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies ini, juga dengan melakukan sosialiasi kepada pemilik hewan piaraan untuk menjaga dan merawat hewan tersebut. Termasuk mengecek rutin kesehatan hewannya tersebut.

“Hewan piaraan yang telah divaksinasi tersebut, akan kami cek lagi kesehatannya tiap tahun,” katanya.

Anggota komisi B DPRD Yogyakarta Muhammad Syafii mengatakan walau untuk kasus rabies belum ditemukan, namun bukan berarti Yogyakarta bebas dari ancaman penyakit ini. Karena itu, vaksinasi terus harus dilakukan. Termasuk juga harus ada regulasi untuk mengatur keberadaan hewan piaraan tersebut.

“Nantinya untuk hewan piaraan warga harus didaftarkan, sehingga keberadaannya terdata. Dan yang tidak terdaftar termasuk hewan liar,” paparnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5768 seconds (0.1#10.140)