Hama penggerek batang serang petani Maros

Jum'at, 15 Februari 2013 - 15:20 WIB
Hama penggerek batang...
Hama penggerek batang serang petani Maros
A A A
Sindonews.com - Hama penggerek batang menyerang ratusan hektare tanaman padi di dua kecamatan di kabupaten Maros, yaitu kecamatan tersebut yakni Bantimurung dan Simbang. DIkhawatirkan, serangan hama ini akan mempngearuhi produksi petani di Maros.

Berdasarkan laporan yang diterima Kepala Desa Allatengae, Abdul Azis, hama penggerek batang tersebut mulai menyerang sekitar 300 hektare lahan padi di desanya.

Dia mengatakan, karena ini merupakan penyakit musiman, makanya Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Hortikultura harus turun tangan membantu petani untuk memberantas hal tersebut. Pasalnya bila ini dibiarkan, maka tanaman padi milik petani akan terancam puso.

"Ini merupakan penyakit musiman, karenanya harus diberantas. Kalau dibiarkan terus menerus akan terancam puso," ungkapnya kepada wartawan, Jumat (15/2/2013).

Jika tak segera ditangani, lanjutnya, bakal mempengaruhi produksi petani di Kabupaten Maros. Karena Kecamatan Bantimurung dan Simbang merupakan lumbung padi di kabupaten Maros.

Sementara itu salah satu petani di dusun Baramamase Desa Allatengae Kecamatan Bantimurung, Jamaluddin mengatakan, hampir semua tanaman padinya telah terserang hama penggerek batang.

Dia khawatir, pada musim tanam kali ini, hasil tanamannya tidak akan maksimal seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabaupaten Maros, Burhanuddin membenarkan serangan hama penggerek batang di kecamatan Bantimurung dan Simbang.

"Kami sudah menurunkan tim untuk memantau kejadian itu. Kalau memang benar, kami pasti akan membantu petani untuk memberantas hama penggerek batang itu. Kami memang menyediakan pemberantas hama batang," sebutnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5823 seconds (0.1#10.140)