Blitar buat masterplan pembangunan lapangan terbang

Jum'at, 15 Februari 2013 - 14:22 WIB
Blitar buat masterplan pembangunan lapangan terbang
Blitar buat masterplan pembangunan lapangan terbang
A A A
Sindonews.com - Setelah mengantongi rekomendasi dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Pemerintah Kabupaten Blitar makin percaya diri untuk membangun lapangan terbang. Kini Pemkab Blitar tengah membuat masterplan untuk rencana tersebut.

“Karenanya segera akan kami kembangkan termasuk mencari rumusan kerjasama yang tepat,“ ujar Wakil Bupati Blitar Rijanto kepada wartawan di kantornya, Jumat (15/2/2013).

Lapangan terbang yang akan dibangun nantinya untuk melayani penerbangan Blitar-Surabaya, Blitar-Jakarta, dan Blitar-Denpasar.

Selain terdapat sejumlah bidang tanah yang berstatus sebagai tanah negara yang dikuasai TNI, ada juga bidang sebagai tanah bengkok desa dan pemajakan.

Pada awal reformasi, lokasi tersebut pernah menjadi obyek sengketa antara masyarakat petani dengan TNI. Rijanto tidak berharap adanya permasalahan hukum dan sosial dalam pembangunannya.

“Kita berharap semua berjalan lancar seperti rencana. Tidak ada permasalahan yang menjadi ganjalan pembangunan ini,“ terangnya.

Sebagai keseriusan, Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) X Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kementrian Keuangan RI sebelumnya melakukan tinjauan lokasi pada akhir bulan Oktober 2012 lalu.

DPRD setempat juga menindaklanjuti dengan memasukkan rencana pembangunan Lapter ke dalam Perda RT RW. Sebab sesuai rencana awal, pembangunan akan dimulai pada tahun 2013.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib secara terpisah mengakui jika Blitar memang sudah membutuhkan adanya lapangan terbang. Selain banyak potensi daerah, Blitar banyak mendapat kunjungan tamu penting dari berbagai daerah, termasuk ibukota.

“Kami ingin pembangunan bisa dilakukan pada tahun ini, “ujarnya singkat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6431 seconds (0.1#10.140)
pixels