Pasuruan berencana bangun Jalan Lintas Utara

Selasa, 12 Februari 2013 - 15:32 WIB
Pasuruan berencana bangun...
Pasuruan berencana bangun Jalan Lintas Utara
A A A
Sindonews.com - Untuk menggeliatkan kawasan pesisir, Pemerintah Kota Pasuruan berencana membangun jalan lintas utara (JLU). Kemungkinan, rencana ini akan terealisasi mulai tahun 2014 mendatang.

Wali Kota Pasuruan, Hasani, mengungkapkan, megaproyek JLU akan dimulai dari pembebasan lahan pada tahun 2014 mendatang. Pada tahap awal ini, tabungan dana cadangan sebesar Rp60 miliar akan dipergunakan untuk membebaskan lahan milik warga.

“Hingga saat ini dana cadangan yang sudah terkumpul mencapai Rp25,4 miliar. Dana cadangan ini terus ditambahkan setiap tahunnya. Pada tahun 2014 diharapkan telah terkumpul Rp60 miliar," kata Walikota Hasani di kantornya, Selasa (12/2/2013).

Menurut Hasani, sosialisasi pembebasan lahan dan pembangunan JLU ini telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pihaknya berharap, dukungan masyarakat akan mempermudah dan mempercepat pelaksanaan pembangunan JLU.

"Kami belum menentukan lokasi mana saja yang akan dilalui JLU. Kami berharap masyarakat bisa bekerja sama dalam program pembangunan tersebut," kata Hasani.

Kepala Bappeda Kota Pasuruan, Eko Saroyo menambahkan, studi kelayakan pembangunan JLU telah selesai dilakukan. Salah satu desain konsep yang akan diterapkan meniru kawasan wisata Pantai Marina.

"Pembangunan JLU ini akan berdampak positif bagi pengembangan kawasan pantura. Selain didesain sebagai kawasan wisata, kawasan ini diharapkan tumbuh sebagai kawasan industri dan jasa," kata Eko Saroyo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)