Warga Bakkara terjebak longsor

Kamis, 07 Februari 2013 - 20:12 WIB
Warga Bakkara terjebak longsor
Warga Bakkara terjebak longsor
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut) terjebak di jalan besar Bakkara-Dolok Sanggul akibat adanya tiga titik longsor yang mengepung mereka.

Selain longsor menutup badan jalan, sejumlah pohon tumbang juga membuat akses keluar-masuk kawasan tersebut tertutup. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (7/2/2013) sekira pukul 17:00 Wib.

Warga terjebak di dusun si Bagur, Desa Unong-unong Kecamatan Baktiraja. Warga terjebak umumnya para pelintas yang ingin bepergian menuju Bakkara. Selanjutnya saat berputar menuju Dolok Sanggul, warga juga di hadang tumbangnya pohon.

"Sudah lebih dari dua jam kami menunggu, dan kami tidak bisa kemana-mana karena ujung ke jalan ditutupi longsor. Sehingga kami menunggu sampai alat berat tiba," terang salah satu pelintas, Siska Margareth Napitupulu (27) kepada SINDO di lokasi kejadian.

Akibat longsor tersebut kemacetan panjang menuju kawasan kerajaan Raja Sisingamangaraja tersebut tidak dapat dihindari. Ratusan kendaraan mengantre menunggu jalan tersebut dapat dibuka.

"Kita sudah terjebak, tidak bisa kemana-mana lagi. Kemungkinan besar kita akan berbalik arah ke Dolok Sanggul, karena jalur dolok sanggul sudah mulai dibuka," kata pelintas lainnya, Alpian Sirait.

Camat Baktiraja, Arwan Silaban yang ditemui dilokasi kejadian menyebutkan bahwa pihaknya sudah mendatangkan alat berat namun evakuasi jalan tidak dapat dilakukan karena kondisi longsor masih aktif.

"Satu titik sudah kita buka kususnya untuk pohon tumbang. Kita mematahkan pohon secara bergotong royong dengan warga," katanya di lokasi, Kamis (7/2/2013) malam.

Humas dan keprotokolan Pemkab Humbahas, Osbrond Siahaan mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta para pengunjung untuk sabar menunggu dan berhati-hati. Yang pasti Pemkab akan berusaha memuliskan akses menuju kawasan pariwisata tersebut dalam 24 jam.

"Kalau yang terjebak di antara longsor kemungkinan malam ini sudah bisa keluar. Ratusan kendaraan akan kita prioritaskan untuk keluar,"
jelasnya.

Osbron menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut, sebab jauh dari kawasan pemukiman warga. Namun pihak Pemkab Humbahas menghimbau agar warga berhati-hati sebab tebing di kawasan tersebut sudah menipis dan rentan terhadap longsor.

"Kalau menuju bakkara saat ini masih bisa tetapi menggunakan jalur kecamatan Muara, Tapanuli Utara," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.4022 seconds (0.1#10.140)