Penerima Raskin di Polman meningkat 15.021 RTS

Kamis, 07 Februari 2013 - 15:42 WIB
Penerima Raskin di Polman meningkat 15.021 RTS
Penerima Raskin di Polman meningkat 15.021 RTS
A A A
Sindonews.com - Penerima beras miskin (Raskin) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) tahun ini mengalami peningkatan 15.021 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Tahun lalu, penerima raskin di Polman hanya 22.210 RTS kini menjadi 37.231 RTS.

“Peningkatannya sekira 15 ribuan RTS dengan jatah setiap bulannya sebesar 558.465 kilogram,” ujar Asissten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemkab Polman, Hartini Azis di kantornya, Kamis (7/2/2013).

Adanya peningkatan penerima raskin karena terjadi perbedaan kriteria dari tahun sebelumnya. Diantaranta, mulai dari kriteria sangat miskin, miskin dan hampir miskin. Sementara, tahun ini ada kriteria baru yakni rentan miskin.

Sementara itu, dalam proses distribusi raskin, disiapkan anggaran sebesar Rp1,2 milliar. Anggaran tersebut, akan digunakan setiap bulan sebesar Rp100 juta.

“Anggaran ini dialokasikan untuk biaya transportasi ditribusi raskin dari desa ke dusun terpencil yang tidak terjangkau oleh Dolog,” tutur Hartini.

Hal tersebut juga, lanjut Hartini, untuk menghindari naiknya harga raskin hingga ke dusun yang sulit dijangkau sehingga meningkatkan biaya transportasi. Makanya tahun ini pemerintah menyiapkan anggaran untuk transportasi distribusi raskin tersebut.

“Kita berharap, masalah kenaikan raski tidak terjadi lagi. Sebab, pemerintah sudah menyiapkan anggaran distribusi yang selama ini kerap menjadi alasan adanya kenaikan harga raskin,” jelas Hartini.

Sementara itu, Sulaiman, salah seorang warga di Kecamatan Tapango, berharap dalam penyaluran tahun ini bisa lebih tertib dan tidak ada kenaikan dari harga yang ditetapkan. Sebab, selama ini, masalah harga raskin kerap menjadi masalah dalam penyalurannya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6358 seconds (0.1#10.140)