Tanggul Sungai Brantas longsor, pemukiman warga terancam

Kamis, 31 Januari 2013 - 12:07 WIB
Tanggul Sungai Brantas longsor, pemukiman warga terancam
Tanggul Sungai Brantas longsor, pemukiman warga terancam
A A A
Sindonews.com - Hujan deras menyebabkan tanggul Sungai Brantas di sejumlah titik di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, longsor. Khawatir pemukiman mereka kebanjiran, warga mendesak pemerintah segera memperbaiki tanggul tersebut.

Tanggul Sungai Brantas di Desa Sumberagung, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mendadak longsor, Kamis (31/1/2013) dinihari. Seluruh material seperti bronjong dan bebatuannya hilang tergerus longsor.

Di Desa Sumberagung saja, longsoran terjadi di dua lokasi yang masing-masing mencapai panjang 100-200 meter.

Bahkan tak hanya di Desa Sumberagung, Kecamatan Megaluh saja, longsornya tanggul juga terjadi Desa Gebang Bunder, Kecamatan Plandaan, Jombang.

Selain karena hujan deras, penyebab longsor juga diperparah dengan maraknya aktivitas penambangan pasir liar yang terjadi sebelum musim penghujan.

"HUjan deras sejak kemarin membuat tanggul longsor, apalagi kemarin-kemarin ada penambangan pasir, jadi tebing sungai makin terjal," ujar Poniman warga Desa Seumberagung di lokasi, Kamis (31/1/2013).

Bagi warga di sekitar bantaran Sungai Brantas, keberadaan tanggul-tanggul tersebut sangat penting untuk melindungi pemukiman mereka dari luapan air sungai.

Warga mendesak pemerintah segera memperbaiki tanggul yang longsor agar jika sewaktu-waktu air Sungai Brantas meluap tidak sampai meluber dan membanjiri desa mereka.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1417 seconds (0.1#10.140)