Hungaria ajak Kulonprogo kerjasama perikanan

Rabu, 23 Januari 2013 - 09:39 WIB
Hungaria ajak Kulonprogo kerjasama perikanan
Hungaria ajak Kulonprogo kerjasama perikanan
A A A
Sindonews.com - Negara Hungaria mengajak Kulonprogo untuk bekerjasama di bidang perikanan. Hungaria siap menghibahkan ilmu pengetahuan, teknologi serta tenaga ahli untuk meningkatkan budidaya perikanan Kulonprogo.

Gergely Dietz, Director South East Asia Thesyss Group Hungary dalam pertemuan dengan bupati Kulonprogo mengatakan, Pemerintah Hungaria menawarkan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi budidaya ikan melalui program intensifikasi akuakultur.

Dia mengatakan, intensifikasi akuakultur adalah program intensifikasi budidaya perikanan di lingkungan yang terkendali. Sehingga mampu meningkatkan produksi dengan kualitas ekspor.

“Hungaria siap menghibahkan ilmu, teknologi dan tenaga ahlinyamelalui kerjasama ini,” kata Gergely, Rabu (23/1/2013).

Menurutnya, intensifikasi akuakultur dijalankan dengan model intiplasma.

“Manfaatnya langsung dirasakan karena dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat. Peralatannya menggunakan konsep akuarium sehingga portabilitasnya tinggi, bisa pindah lokasi,” katanya.

Pictor Barsony, Head of Aquaculture Programe Study Deberecen University, Deberecen Hungary menambahkan, mengatakan dengan program intensifikasi ini, hasil budidaya ikan dapat meningkat 200-300 persen. Lama budidaya tergantung suhu dan jenis ikan yang dibudidayakan.

Untuk jenis ikan ekspor agar mendapat nilai yang lebih tinggi, dapat memilih ikan jenis baramuli atau belut laut. Jenis baramuli disukai masyarakat Australia, sedangkan jenis belut laut disukai masyarakat jepang.
Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo berharap kerjasama ini dapat terealisasi.

“Selanjutnya dapat dilakukan kajian lebih teknis dan mendalam, sehingga apa yang akan dilakukan lebih tepat sasaran dan berhasil,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)