Dihantam ombak, kapal nelayan terbalik

Senin, 21 Januari 2013 - 18:01 WIB
Dihantam ombak, kapal nelayan terbalik
Dihantam ombak, kapal nelayan terbalik
A A A
Sindonews.com - Ombak besar yang menerjang perairan Bangka Belitung membuat satu kapal nelayan terbalik. Beruntung 16 anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan kapal lain yang kebetulan berada dekat lokasi.

Kapal Motor (KM) Linda Jaya 4 ukuran 29 grass ton (GT) milik nelayan Sugiman (50), warga Jalan Blanak Kota Tegal terbalik pada Minggu (2 Januari 2013 sore.

Wakil Ketua Persatuan Nelayan Kota Tegak, Susanto Agus Priyono mengatakan, lokasi tengelamnya kapal tersebut berada di perairan Bangka Belitung di titik 70 mil dari Tanjung Priok.

"Saya mendapat kabar dari Polair atau Lanal setempat. Kapal tenggelam karena mengalami bocor di lambung bagian belakang kapal," katanya, Senin (21/1/2013).

Mengenai kerugian akibat peristiwa tersebut, Agus menaksir sekira Rp1 miliar. Jumlah tersebut dihitung dari muatan kapal, jumlah tangkapan, serta kerusakan kapal.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah karena 16 orang anak buah kapal (ABK) termasuk nakhoda Sahmudi (40), cepat terselamatkan oleh ABK kapal lain dari KM Reling Jakarta, yang kebetulan melintas di dekatnya.

KM Linda Jaya 4 saat ini masih belum terevakuasi atau masih terbalik di Perairan Bangka Belitung. PNKT, Polair, dan Lanal telah berkoordinasi agar kapal bisa terevakuasi secepatnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5738 seconds (0.1#10.140)