Hujan deras, puluhan hektare sawah terendam

Senin, 21 Januari 2013 - 10:29 WIB
Hujan deras, puluhan hektare sawah terendam
Hujan deras, puluhan hektare sawah terendam
A A A
Sindonews.com - Hujan deras membuat puluhan hektare tanaman padi milik warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur terendam. Curah hujan yang tinggi juga mulai membuat sejumlah infrastruktur seperti jalan amblas dan turap sungai ambrol.

Kondisi ini dapat terlihat di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Jombang. Lebih dari 40 hektare sawah petani yang sudah ditanami berubah menjadi lautan. Jika banjir tidak segera surut, petani khawatir tanaman padi yang sudah satu bulan mereka tanam akan mati.

Hujan deras juga membuat turap sungai dan bibir badan jalan raya antara Kabupaten Jombang-Mojokerto dan Lamongan di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, ambles.

Meski secara umum badan jalan masih dapat di lalui, namun kondisi jalan raya ini cukup mengkhawatirkan. Karena kendaraan yang melintasi jalur ini mayoritas adalah kendaraan-kendaraan bertonase besar seperti truk, bus, dan trailer.

Turap sungai yang ambrol juga terjadi di Desa Grobokan, Kecamatan Mojowarno.

"Hujan deras kemungkinan akan berlanjut dalam dua atau tiga hari kedepan, kami sudah bersiaga," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jombang, Nur Huda, Senin (21/1/2013).

Mengenai perbaikan jalan dan turap sungai, Nur Huda mengatakan, perawatan jalan protokol menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi Jawa Timur. Jadi BPBD Jombang akan meminta pemprov segera mengambil tindakan agar tidak terjadi kecelakaan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7325 seconds (0.1#10.140)
pixels