Pengidap AIDS di Muba meningkat 150 persen

Kamis, 17 Januari 2013 - 21:39 WIB
Pengidap AIDS di Muba meningkat 150 persen
Pengidap AIDS di Muba meningkat 150 persen
A A A
Sindonews.com - Jumlah pengidap HIV/ AIDS di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengalami peningkatan hingga 100 persen. Hal ini didominasi dari hubungan seks yang tidak aman, penggunaan narkoba melalui jarum suntik dan lainnya.

Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba, Chandra mengatakan, pada Tahun 2012 jumlah pengidap HIV AIDS di Muba berjumlah 10 orang. Kondisi ini meningkat 150 persen dari Tahun 2011 yakni berjumlah empat orang.

“Semua kalangan masyarakat bisa terjangkit HIV/AIDS,” terang Chandra di Sekayu, Kamis (17/1/2013).

Menurut Chandra, kalangan yang paling rentan terkena HIV/AIDS yakni kelompok pekerja seks komersial (PSK) seperti kelompok waria serta prilaku gonta-ganti pasangan atau seks bebas.

“Sekarang ibu rumah tangga dan anak-anak juga mulai berisiko tertular HIV AIDS.” Ujarnya.

Dirinya mengatakan, untuk menekan penyebaran HIV AIDS, didirikan Klinik Voluntary Consulting Testing (VCT) yang terdapat di RSUD Sekayu dan RSUD Bayung Lencir.

Dinas Kesehatan juga melakukan penjaringan terhadap pengidap HIV AIDS melalui mobile VCT ke lokasi rawan HIV AIDS. Program yang dilakukan dimulai dari bagaimana melakukan seks yang aman dengan penyuluhan, penyebaran stiker, poster, dan media sosialisasi lainnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, kelompok berisiko, dan masyarakat yang merasa terdapat faktor penyebab HIV AIDS, untuk sukarela mendatangi klinik VCT di RSUD Sekayu dan RSUD Bayung Lencir. Pemeriksaan dan pelayanan klinik VCT dilakukan gratis.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1241 seconds (0.1#10.140)