Cuaca buruk, ratusan nelayan tidak melaut

Kamis, 17 Januari 2013 - 12:18 WIB
Cuaca buruk, ratusan...
Cuaca buruk, ratusan nelayan tidak melaut
A A A
Sindonews.com - Ratusan nelayan tradisional di pesisir laut timur Kota Sidoarjo tidak melaut akibat cuaca buruk. Tingginya gelombang dan kencangnya tiupan angin membuat nelayan memilih menambatkan perahunya.

Sudah hampir seminggu ini ratusan nelayan tradisional di Kabupaten Sidoarjo takut melaut. Dari empat tempat pelabuhan perahu tradisional di Sidoarjo, masing-masing Desa Gisik Cemandi, Banjar Kemuning, Segoro Tambak-Sedati, dan Desa Bluru, Kecamatan Kota Sidoarjo.

Kondisi ini bisa dilihat di tempat nelayan Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Sudah sepekan ini, perahu-perahu para nelayan ini tidak dioperasikan karena cuaca buruk.

Akibat cuaca buruk ini, nelayan lebih memilih memperbaiki perahu serta peralatan mereka.

Budi Harianto salah satu nelayan mengaku, memilih tidak melaut karena gelombang di laut tinggi antara tiga hingga lima meter. Tingginya ombak tersebut, membahayakan keselamatan para nelayan apabila nekat melaut.

Kini para nelayan berharap gelombang tinggi tidak berkepanjangan. Bila kondisinya para nelayan ini untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk sementara beralih profesi menjadi kuli bangunan.

Sementara itu harga ikan dipasaran mulai naik hingga lima puluh persen.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4953 seconds (0.1#10.140)