Ratusan warga Pantai Tamban mengungsi

Sabtu, 12 Januari 2013 - 14:14 WIB
Ratusan warga Pantai Tamban mengungsi
Ratusan warga Pantai Tamban mengungsi
A A A
Sindonews.com - Tingginya gelombang di Pantai Tamban, Kabupaten Malang Jawa Timur memaksa ratusan warga mengungsi.

Kepala bagian penanggulangan bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, mengatakan, gelombang tinggi memang terjadi sejak akhir Desember lalu. Akibatnya 200 warga di perkampungan nelayan di Pantai Tamban mengungsi sejak dua hari lalu.

"Mereka sementara mengungsi di perkampungan sebelah yang berjarak sekira 200 meter," kata Mudji Utomo, Sabtu (12/1/2013).

Personil PMI dan Tagana juga disiagakan di kawasan pesisir selatan Malang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain membuat warga mengungsi, kata Mudji Utomo, gelombang tinggi juga mengakibatkan 7 perahu nelayan rusak diterjang ombak.

Gelombang tinggi yang terjadi sejak akhir bulan Desember 2012 ini juga membuat 4.600 an nelayan di pesisir selatan Kabupaten Malang tidak melaut.

Mereka ada yang kembali bertani bagi yang mempunyai lahan pertanian serta jadi tukang ojek. Ada juga yang kembali ke daerah asal seperti Banyuwangi, dan Jember.

"Bagi yang tidak punya pekerjaan lain biasanya utang atau menghabiskan tabungan mereka," kata Umar, salah satu nelayan di Pantai Sendang Biru.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.4971 seconds (0.1#10.140)