Sungai Tamanroya meluap, ribuan rumah terendam

Minggu, 06 Januari 2013 - 21:46 WIB
Sungai Tamanroya meluap,...
Sungai Tamanroya meluap, ribuan rumah terendam
A A A
Sindonews.com - Curah hujan yang tinggi sejak Sabtu 5 Januari 2013 kemarin, menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Jeneponto, hari ini terendam banjir. Pemicunya adalah, meluapnya Sungai Tamanroya, di Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Banjir di daerah tersebut mencapai ketinggian hingga dua meter. Tak pelak warga mengambil langkah untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman sambil menunggu surutnya air. Warga terlihat terjebak dengan kepungan banjir, karena rumah warga rata-rata dikelilingi Sungai Tamanroya. Selain rumah warga, banjir juga menyergap fasilitas umum seperti sekolah, dan kantor pemerintahan.

Hingga kini, belum diketahui berapa besar umlah kerugian yang dialami warga. Namun, dua warga di Kecamatan Tamalatea yang dikabarkan hilang telah ditemukan oleh warga. Satu diantaranya meninggal dunia.

Seorang warga korban banjir Natsir Puly, warga Kecamatan Tamalatea mengatakan banjir kali ini merupakan banjir terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Ya ini banjir terbesar yang saya pernah alami ketimbang tahun-tahun lalu," jelas Natsir, di Kecamatan Tamalatea, Minggu (6/1/2013).

Berdasarka informasi di lapangan, banjir kali ini disebabkan oleh prilaku pengusaha yang melakukan pembangunan diketitar wilayah aliran sungai hingga menututo pergerakan air. Akibatnya, air sungaimeluap hingga meluber ke pemukiman warga.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0762 seconds (0.1#10.140)