KPU Tana Toraja temukan ratusan surat suara rusak

Rabu, 02 Januari 2013 - 15:22 WIB
KPU Tana Toraja temukan ratusan surat suara rusak
KPU Tana Toraja temukan ratusan surat suara rusak
A A A
Sindonews.com - Ratusan surat suara pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2013 ditemukan rusak. Saat proses penyortiran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja menemukan 230 surat suara yang rusak.

Data yang diperoleh SINDO di kantor KPU Tana Toraja, jumlah surat suara pilgub yang didistribusikan ke Tana Toraja sebanyak 31 kontener yang masing-masing berisi 5.000 lembar surat suara dan satu konetner lagi berisi 3.470 lembar surat suara

“Ada sekitar 230 surat suara pilgub yang dalam kondisi rusak,” ujar kAnggota Komisioner KPU Tana Toraja, Bartholomeus di Kantor KPU, Rabu(2/1/2013).

Dia menjelaskan, kerusakan surat suara pilgub Sulsel seperti kertas suara yang robek, gambar dan tulisan kabur, tulisan yang dobel serta surat suara yang bernoda tinta.

Selain itu, petugas sortir juga menemukan delapan lembar kertas suara yang kosong. Meski begitu, belum ditemukan adanya surat suara yang sudah dicoblos. Surat suara yang cacat atau rusak merupakan kesalahan percetakan.

Rencananya, surat suara dan logistik pilgub Sulsel 2013 baru akan didistribusikan KPU Tana Toraja ke masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada awal minggu kedua Januari 2013.

Selanjutnya, PPK akan mendistribusikan surat suara dan logistik pilgub ke tingkat panitia pemungutan suara (PPS) yang ada di setiap kelurahan. Selanjutnya, PPS akan mendistribusikan surat suara dan logistik ke tingkat kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

“Surat suara dan sejumlah logistik pilgub masih dalam proses packing oleh petugas KPU sebelum didistribusikan ke tingkat PPK hingga KPPS,” jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6330 seconds (0.1#10.140)