Jalan Alun-alun Wates dibuat searah

Selasa, 01 Januari 2013 - 15:44 WIB
Jalan Alun-alun Wates dibuat searah
Jalan Alun-alun Wates dibuat searah
A A A
Sindonews.com – Pemkab Kulonprogo memberlakukan jalan satu arah di sekitar alun-alun Wates. Kebijakan baru yang mulai diujicobakan pada tahun baru 2013, bertujuan untuk memberi kenyamanan dan meminimalisir kebut-kebutan di sekitar jalan itu.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatikan Kulonprogo, Triyono, mengatakan, untuk mendukung kebijakan itu, di beberapa sudut dan lokasi jalan telah dipasang tanda lalu lintas baik berupa tanda larangan masuk bagi semua kendaraan maupun larangan belok dan tanda lurus.

“Masa uji coba kebijakan ini dilakukan selama tiga bulan sejak malam tahun baru. Selama masa uji coba pengguna jalan yang tidak mematuhi rambu akan diberi peringatan, namun setelah resmi akan di lakukan tilang oleh kepolisian,” kata Triyono di Kulonprogo, Selasa (1/1/2013).

Dia mengatakan, rambu yang dipasang antara lain berada di depan rumah makan Pring Petung yang memberikan peringatan bagi pengendara dari arah barat tidak dapat langsung lurus menuju ke jalan depan pemkab. Pengendara dari arah itu harus belok ke kiri melalui depan Dinkes atau Rutan.

Hal yang sama juga berlaku bagi pengendara dari utara, dekat BRI Adhyaksa, tidak boleh langsung ke Rutan atau Dinkes untuk melewati jalan Suparman. Pengendara harus memutar ke timur, mengitari Alun-alun atau dapat melewati jalan belakang rutan.

Sementara dari timur tidak boleh langsung ke barat di depan Rumah Dinas Bupati, melainkan belok ke kiri melewati jl.Tamtama atau depan Rumah Dinas Wakil Bupati,. Sementara dari timur Jl.Perwakilan atau depan pemkab tidak boleh belok ke kanan tetapi lurus ke barat.

“Sehingga bagi siswa yang sekolah di SMP N 1 Wates dan SMA N Wates yang melewati tetek timur lebih pintas melalui jalan di timur pemkab. Pemberlakuan jalur baru ini searah jarum jam,” pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4037 seconds (0.1#10.140)