Tuntut pemekaran, Kotamobagu lumpuh

Senin, 31 Desember 2012 - 19:53 WIB
Tuntut pemekaran, Kotamobagu lumpuh
Tuntut pemekaran, Kotamobagu lumpuh
A A A
Sindonews.com - Aktivitas transportasi Kotamobagu, Sulawesi Utara lumpuh total. Warga yang menginginkan pemekaran, memblokir jalan pusat kota. Aksi ini didominasi oleh pengendara becak motor dan pedagang sayur.

Mereka meminta agar pemekaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya segera di sahkan. Mereka kecewa terhadap pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang tidak serius melepaskan Kabupaten Bolaang Mongondow Raya menjadi provinsi.

Selain memblokir jalan, warga bersama tokoh adat, tokoh masyarakat menyambangi panitia pemekaran untuk memberikan bantuan dana yang mereka kumpulkan lewat koin-koin dari tukang becak motor dan pedagang sayur.

Dana yang terkumpulkan langsung diserahkan ke tokoh adat, bersama panitia. Usai menyerahkan bantuan dana warga langsung melakukan konvoi dengan mengunakan kendaraan roda dua dan becak motor.

Disepanjang jalan pusat kota, mereka mengkampanyekan tentang pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya yang sudah setahun belum ada kejelasan. Bahkan Pemprov Sulut sendiri terkesan diam tak mau merespon aspirasi rakyat.

Sementara itu, Kabupaten Bolaang Mongondow Raya sudah dimekarkan menjadi empat kabupaten, yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Induk, Bolaang Mongondow Timu, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaan Mongondow Utara, dan satu kota yaitu Kota Kotamobagu.

Salim Mato Lanjar Tokoh Masyarakat setempat mengatakan, pemekaran provinsi harus segera dilakukan. Karena warga ingin bisa membangun daerah mereka tanpa campur tangan dari provinsi.

"Kami akan terus melakukan aksi ini sampai tuntutan kami dipenuhi, " jani Salim, Senin (31/12021).
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6283 seconds (0.1#10.140)