Cegah daging oplosan, 4 pasar akan dirazia

Rabu, 19 Desember 2012 - 18:20 WIB
Cegah daging oplosan, 4 pasar akan dirazia
Cegah daging oplosan, 4 pasar akan dirazia
A A A
Sindonews.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan membentuk tim pengawasan terpadu untuk mencegah peredaran daging oplosan.

Kepala Disperindagsar Kabupaten Mura, EC Priskodesi mengatakan pengawasan oleh tim rencananya dilaksanakan di empat pasar yakni Pasar B Tugumulyo, Megang Sakti, Muara Rupit, dan Pasar Sorolangun.

"Empat pasar tersebut merupakan sentra penjualan dan penggilingan daging. Nantinya petugas akan melakukan penyisiran untuk mengecek
daging yang beredar," kata kata Priskodesi di kantornya, Rabu (19/12/2012).

Mengenai daging oplosan, sejauh ini Disperindagsar belum menemukan atau menerima laporan dari masyarakat. Bahkan dirinya optimitis kemungkinan temuan kasus daging oplosan di Mura sangat kecil.

Menurutnya, bila nanti ketika petugas di lapangan menemukan adanya kasus daging oplosan, maka Disperindagsar tidak segan-segan melaporkan ke pihak berwajib.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mura, Tjahyo Kuntjoro melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Nasrul Bayumi mengatakan pihaknya siap
berkoordinasi dengan Disperindagsar melakukan pengawasan dan penyisiran.

Sebab ditinjau dari segi kesehatan, Dinkes mengkhawatirkan daging
oplosan tersebut akan menimbulkan virus atau penyakit.

"Bisa saja daging oplosan itu membawa virus atau bakteri dan membahayakan kesehatan bahkan dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7012 seconds (0.1#10.140)