Ruas jalan tembus Tawangmangu-Magetan ambles

Kamis, 06 Desember 2012 - 17:25 WIB
Ruas jalan tembus Tawangmangu-Magetan ambles
Ruas jalan tembus Tawangmangu-Magetan ambles
A A A
Sindonews.com – Ruas jalan tembus Tawangmangu – Magetan mengalami ambles sedalam 1,5 meter akibat diguyur hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Hujan deras juga mengakibatkan talud di jalan tersebut ambrol.

Titik ruas jalan yang ambles berada di ruas Kalisoro – Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Selain kondisi bahu jalan yang ambles hingga 1,5 meter, bibir talud juga ambrol hingga mengalami penurunan sedalam 1,5 meter dengan panjang kerusakan mencapai 20 meter lebih.

Camat Tawangmangu Yopi Eko Jati Wibowo mengatakan pihaknya baru mengetahui ambles dan longsornya jalan tersebut pada kemarin (Rabu 5 Desember 2012) sore. Kondisi itu terjadi setelah hujan deras yang menguyur dalam beberapa hari terakhir.

“Setelah diguyur hujan terus menerus dari sejak pukul 10 pagi, talud di jalan tembus itu akhirnya ambrol sementara badan jalannya ambles,” kata Yopi di kantornya Kamis (6/12/2012).

Mengetahui hal itu, Yopi mengaku langsung melapor ke Bina Marga Jawa Tengah agar bisa segera diperbaiki. Menurut dia, kerusakan yang terbilang parah tersebut baru kali ini terjadi.

“Sebelumnya kerusakan yang terjadi paling pada bagian tebing akibat adanya penambangan batu oleh warga. Longsoran tebing itu juga menutupi badan jalan,” ungkap Yopi.

Pengawas Lapangan Bina Marga Jateng Diyono mengatakan, Bina Marga Jateng melalui kontraktor yang mendapat tugas pengerjaan proyek jalan tembus akan secepatnya melakukan perbaikan.

“Saat ini untuk sementara pekerja sudah kami minta untuk mengambil sepihan batu berukuran besar sisa longsoran talud. Ini agar batu – batu itu tidak kut longsor ke bawah dan hanyut ke sungai, ,” katanya saat meninjau ke lokasi Kamis (6/12/2012).

Proyek pembangunan jalan tembus Tawangmangu - Magetan sepanjang 9,15 KM tersebut saat ini kondisinya tengah terhenti karena menunggu dana dari pusat. Proses pembangunannya sendiri sudah dikerjakan sejak 2006.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7971 seconds (0.1#10.140)