3 hari terbakar, hutan Arjuno-Welirang belum padam

Kamis, 01 November 2012 - 22:06 WIB
3 hari terbakar, hutan Arjuno-Welirang belum padam
3 hari terbakar, hutan Arjuno-Welirang belum padam
A A A
Sindonews.com - Hutan di Gunung Arjuno dan Welirang yang berada di kawasan Tahura Raden Seorjo kembali terbakar. Sejak Senin lalu diketahui kebakaran tersebut belum bisa dipadamkan.

Awalnya diketahui api membakar di sekitar lereng Welirang, di kawasan Kabupaten Mojokerto.

"Total sekira 200 hektare hutan di Mojokerto terbakar," kata Kepala seksi Tahura wilayah Malang-Pasuruan, Gatot Sundoro, Kamis, (1/11/2012).

Menurutnya, api kemudian merembet ke Prigen, Pasuruan karena tertiup angin yang berhembus kencang, sehingga menyebabkan api semakin membesar dan menghanguskan aneka jenis vegetasi endemik Jawa.

Personel Tahura R Soerjo bersama warga sekitar hutan sudah berusaha memadamkan api semampu mereka. Namun, mereka tak kuasa menghadapi kobaran api yang kian membesar, ditambah medan yang curam dan sulit dilalui.

"Mereka tak berani mendekati titik api," kata Gatot.

Petugas dan relawan hanya menggunakan alat seadanya seperti tongkat pemukul, ranting pohon untuk memadamkan api. Gatot menyatakan, dibutuhkan helikopter atau pesawat untuk memadamkan hutan yang terbakar.

Diketahui selama dua bulan terakhir, sudah terjadi 30 kali kebakaran kawasan Tahura di wilayah Pasuruan, Malang dan Batu dan sudah menghanguskan hutan seluas 800 hektare.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7711 seconds (0.1#10.140)