Kondisi aliran Kali Putih mengkhawatirkan

Kamis, 25 Oktober 2012 - 19:55 WIB
Kondisi aliran Kali Putih mengkhawatirkan
Kondisi aliran Kali Putih mengkhawatirkan
A A A
Sindonews.com - Aliran Kali Putih di Kabupaten Magelang menjadi ancaman paling mengkhawatirkan di lereng gunung Merapi selama musim hujan. Pasalnya, alur sungai yang ada saat ini belum maksimal.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan, belum sempurnanya aliran Kali Putih disebabkan pembebasan lahan milik warga yang belum tuntas.

“Namun tadi dikatakan sudah selesai. Jadi langsung saya minta Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) untuk segera disempurnakan,” kata Bibit, usai menerima tim pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) terpadu di ruang kerjanya, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/10/2012).

Bibit mengakui, di hulu sungai masih terdapat pasir dalam jumlah besar. Kondisi ini tentunya mengkhawatirkan, karena jika hujan deras turun, potensi ancaman bencana sangat besar.

“Apalagi ini sudah mulai hujan. Karena itu harus segera diselesaikan. Jadi kalau ada lahar dingin, semuanya bisa aman,” tegasnya.

Mantan Pangkostrad ini sudah meminta instansi terkait untuk melakukan antisipasi dengan menyiapkan berbagai peralatan untuk penyempurnaan alur sungai tersebut.

“Kalau jembatan di Kali Putih sudah jadi. Tapi yang belum sempurna alur sungai ini,” tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4235 seconds (0.1#10.140)