Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan bentuk tim khusus

Senin, 08 Oktober 2012 - 01:07 WIB
Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan bentuk tim khusus
Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan bentuk tim khusus
A A A
Sindonews.com – Menjelang Idhul Adha, Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang membentuk tim khusus yang beranggotakan 53 orang untuk memantau kualitas hewan kurban.

Kepala Dispeterikan Kabupaten Magelang, Tri Agung Sucahyo mengatakan, tim khusus tersebut beranggotakan 53 orang. Terdiri atas Dispeterikan Kabupaten Magelang, dokter hewan, dan petugas teknis.

“Fungsi dari tim sendiri tidak hanya fokus terhadap kualitas kesehatan hewan. Namun, juga fokus terhadap tata cara penyembelihan hewan kurban. Sebab, selama ini di lapangan masih banyak menemukan carapemotongan yang kurang tepat sehingga berpengaruh pada kualitas dagingnya,” katanya, Senin 7 Oktober 2012.

Tim khusus yang sudah terbentuk melakukan pantauan kondisi kesehatan hewan kurban yang ada di pasar hewan maupun tempat-tempat penampungan hewan. Menurutnya, upaya ini sudah mulai sejak beberapa waktu lalu.

“Selain itu, tim ini juga akan memberikan pembinaan kepada takmir masjid dan petugas pemotong hewan kurban supaya bisa mewaspadai masalah penyakit seperti zoonosis dan cacing hati,” lanjutnya.

Kendati demikian, ia mengaku, hasil pantauan hingga saat ini belum ditemukan hewan di Kabupaten Magelang yang terjangkit penyakit.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Sudirman menerangkan, teknis penyembelihan juga harus dilakukan dengan benar.

“Kalau cara menjatuhkan hewan saat menyembelih tidak benar, tubuhnya akan memar. Hal ini akan membuat kualitas dagingnya pun menjadi jelek karena memar itu. Apalagi jika kulitnya sampai luka,” paparnya.

Sudirman juga mengimbau kepada masyarakat untuk cermat memilih hewan kurban yang sehat.

“Ciri-ciri fisik hewan kurban yang sehat antara lain terlihat lincah gerakannya, temperamen yang baik dan tidak bermata sayu,” jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8610 seconds (0.1#10.140)