Adit, tertular HIV/AIDS di penjara

Rabu, 03 Oktober 2012 - 09:48 WIB
Adit, tertular HIV/AIDS di penjara
Adit, tertular HIV/AIDS di penjara
A A A
Sindonews.com - Kendati berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), ternyata tak membuat para penghuninya kesulitan untuk mendapatkan narkoba. Kurang ketatnya pengawasan sipir penjara, membuat penghuninya begitu mudah mengkonsumsi narkoba sehingga mudah terjangkit virus HIV/AIDS.

Penyakit inilah yang sekarang menggerogoti kekebalan tubuh Aditya mantan narapidana yang kini harus terpisah dengan keluarganya. Seks bebas dan penggunaan jarum suntik bergantian selama dipenjara, tanpa disadarinya makin menjerumuskan Aditya sebagai penderita HIV/AIDS.

Kenyataan pahit Adit sebagai penderita HIV/AIDS bermula ketika dirinya tertangkap polisi karena penggunaan narkoba. Dua kali ia menjadi narapidana di Lapas Madiun dan Lapas Cipinang.

Di dua lapas tersebut, aditya semakin tergoda dengan narkoba suntik dan menggunakan bersama dengan narapidana yang lain. Adit tak pernah tahu diantara teman temannya sesama narapidana, ternyata ada yang mengidap HIV/AIDS. penyakit yang belum di temukan obatnya itupun akhirnya menular padanya.

Setelah dinyatakan positif HIV/AIDS sejak delapan bulan lalu, Aditya harus tinggal di Madiun, berpisah dengan keluarganya, anak dan istrinya, yang kini tinggal di Jakarta.

"Penyesalan memang datang terlambat, ini pelajaran bagi generasi muda untuk menjauhkan narkoba. Cukup saya saja sebagai contoh buruk yang tidak layak ditiru," katanya, Rabu (3/10/2012).

Ia mengimbau agar generasi muda, dan masyarakat pada umumnya agar menghindarkan diri dari narkoba, dan perilaku seks bebas. Tujuanya tidak lain agar terhindar dari HIV dan AIDS seperti yang dialaminya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7226 seconds (0.1#10.140)