492 warga Madiun positif HIV/AIDS

Selasa, 02 Oktober 2012 - 09:36 WIB
492 warga Madiun positif HIV/AIDS
492 warga Madiun positif HIV/AIDS
A A A
Sindonews.com - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dan Klinik Visite RS Sudomo menemukan 492 warga Madiun, Jawa Timur, yang positif mengidap HIV/AIDS. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang tertular dari suaminya yang kerap melakukan seks bebas.

Penggiat KPA Kabupaten Madiun, Erlina mengatakan, dari Januari hingga September 2012 ditemukan 40 orang pengidap HIV/AIDS baru di Kabupaten Madiun. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga desember mendatang.

"Tahun lalu hanya 30 penderita HIV/AIDS, tapi sejak Januari hingga kini sudah ada 40 orang penderita baru. Sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang tertular dari suaminya," katanya di Madiun, Jawa Timur, Selasa (2/10/2012).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Aris Nugroho membantah anggapan yang menyebut Kabupaten Madiun tengah menghadapi kejadian luar biasa karena jumlah penderita HIV/AIDS.

"Dalam Undang-Undang tidak ada istilah kejadian luar biasa untuk HIV/AIDS. Kabupaten Madiun tidak mengalami temuan peningkatan yang signifikan tentang pengidap HIV/AIDS," ujarnya.

Meski demikian, dia juga tetap meminta masyarakat agar terus waspada, dan menjaga kesehatan. Pasalnya, persoalan HIV/AIDS merupakan fenomena gunung es yang hanya terlihat puncaknya. "Tidak semua penderita HIV/AIDS mau terbuka, pasti lebih banyak yang merahasiakan penyakitnya, karena malu," tandasnya.

Data dari Klinik Visite RS Sudomo sendiri mencatat 492 orang warga Madiun positif HIV/AIDS. dari jumlah tersebut 300 orang diantaranya adalah penderita yang rutin menggunakan anti retrovial (ARV). Sedangkan 192 orang penderita lainnya tidak terdeteksi keberadaannya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5631 seconds (0.1#10.140)