Elemen masyarakat Solo gelar kampanye damai

Rabu, 05 September 2012 - 11:41 WIB
Elemen masyarakat Solo gelar kampanye damai
Elemen masyarakat Solo gelar kampanye damai
A A A
Sindonews.com - Pascarentetan aksi teror di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), elemen masyarakat menggelar Apel Solo Damai di Lapangan Kotabarat. Peserta apel yang berjumlah ribuan ini berkomitmen menjaga kondusivitas melalui sinergi antarelemen masyarakat.

“Masyarakat ikut bertanggung jawab, jangan hanya berpangku tangan dan menyerahkan semuanya kepada polisi. Kita menyadari jumlah aparat kepolisian sangat terbatas,” ujar Wali Kota Solo, Joko Widodo kepada peserta Apel Solo Damai Selamanya, Rabu (5/9/2012).

Jowo Widodo yang akrab disapa Jokowi mengatakan peristiwa perampokan di Solo 1 Agustus 2012 yang menewaskan staf DPU, mengawali teror di bulan itu. Baru kemudian aksi meresahkan di tiga pos polisi.

Di sini, Jokowi meminta peran aktif elemen masyarakat untuk ikut menjaga keamanan. Satu diantaranya melalui keamanan, ketertiban, masyarakat (Kamtibnas).

“Kalau masyarakat ikut menjaga ketertiban, misalnya menggalakan ronda. Pastinya pelaku kejahatan akan menyingkir dari sana,” kata Jokowi.

Rentetan aksi teror di Kota Solo jangan sampai meruntuhkan sendi-sendi kebangsaan. Pengembalian Solo damai, aman, nyaman, dan tenteram berada di tangan masyarakat.

Apel Solo Damai Selamanya diikuti kalangan peserta didik, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI, Polri, serta Pemerintah Daerah (Pemda). Perwakilan tiap elemen menandatangani ikrarnya pada kesempatan itu.

Sebagai bentuk kesiapan masyarakat menghadapi potensi bahaya, mereka membunyikan kentongan secara bersama-sama yang dilanjutkan pelepasan burung merpati.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5077 seconds (0.1#10.140)