Kanim Bogor kewalahan tangani imigran gelap

Senin, 03 September 2012 - 11:10 WIB
Kanim Bogor kewalahan tangani imigran gelap
Kanim Bogor kewalahan tangani imigran gelap
A A A
Sindonews.com - Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Bogor Bambang Catur mengaku kewalahan mengatasi maraknya imigran yang diduga tidak mengantungi dokumen keimigrasian di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Jumlah imigran asal Timur Tengah di kawasan Puncak memang ribuan, personel kita pengawas penindakan imigrasi (wasdakim) terbatas, jadi kerepotan juga kalau setiap saat harus mengawasi ribuan imigran di kawasan Puncak," katanya, di Bogor, Senin (3/9/2012).

Mantan Humas Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi ini menambahkan, terlebih keberadaan imigran legal dan ilegal bercampur baur. Ditambah masyarakat lokal melindunginya demi keuntungan pribadi.

"Jadi kadang kita dilema juga menindaknya. Bukan karena aturan yang longgar, aturan keimigrasian kita tegas. Hanya banyak yang bermain dalam permasalahan keimigrasian ini," keluhnya.

Berdasarkan pantauan, kawasan Puncak, Cisarua dan Mega Mendung, Kabupaten Bogor beberapa bulan terakhir ini banyak didatangi para imigran asal Timur Tengah. Paling banyak mereka bermukim di Desa Tugu Utara dan Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, tepatnya di kawasan Warung Kaleng dan Cibeureum.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7194 seconds (0.1#10.140)