Bentrok di Sampang dipicu masalah keluarga

Selasa, 28 Agustus 2012 - 02:09 WIB
Bentrok di Sampang dipicu masalah keluarga
Bentrok di Sampang dipicu masalah keluarga
A A A
Sindonews.com - Bentrokan di Desa Karang Gayam Kecamatan Omben dan Desa Bluuran Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang, Jawa Timur (Jatim) disimpulkan terjadi hanya masalah keluarga. Kesimpulan tersebut diperoleh dari hasil rapat tertutup para petinggi negara di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Usai Pertemuan Menteri Agama, Suryadharma mengatakan bentrok yang terjadi di Sampang merupakan murni kasus kriminal biasa. Kasus ini dipicu konflik keluarga yang sudah lama terjadi.

"Ini murni kriminal. Masalahnya bermula dari konflik keluarga yang sudah lama berselisih," ujar Suryadharma Ali usai rapat tertutup di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 27 Agustus 2012.

Suryadharma Ali membenarkan pihak keluarga yang berselisih tersebut yakni pihak Tajul Muluk dan Rois. Keduanya berselisih lantaran beda aliran Islam. Tajul Muluk beraliran Syiah sedangkan Rois beraliran Sunni.

"Perselisihan keluarga ini sudah sejak awal tahun 2000. Kini malah meluas, masyarakat kini menilai masalah merupakan masalah keyakinan," tandasnya.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengaku ada masalah kemanusiaan yang timbul akibat konflik tersebut. Masalah tersebut menurut Gamawan yakni warga kehilangan tempat tinggal dan anak-anak tidak bisa sekolah. Masalah ini menurutnya akan ditangani permanen oleh pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Kabupaten Sampang /

"Solusi jangka panjang untuk tempat tinggal akan dibahas pemerintah pusat dan Pemprov Jatim," tandas Gamawan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7324 seconds (0.1#10.140)