Waspada, siklon tropis Bolaven terjang Indonesia

Minggu, 26 Agustus 2012 - 14:24 WIB
Waspada, siklon tropis Bolaven terjang Indonesia
Waspada, siklon tropis Bolaven terjang Indonesia
A A A
Sindonews.com - Masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk terus siap siaga menghadapi siklon tropis Bolaven yang diperkirakan meningkat dalam 24 jam ke depan. Siklon ini berada di sebelah Timur Hongkong di Laut China Selatan.

Kondisi cuaca ini menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyebabkan tingginya gelombang laut dan turunnya hujan yang juga bisa mengakibatkan banjir.

"Hujan dan banjir di Kota Palu Kabupaten Parigi Mautong Sulawesi Tengah (Sulteng) diakibatkan oleh siklon tropis Bolaven," ujar Sutopo menjelaskan kepada wartawan dalam siaran persnya, Minggu (26/8/2012).

Dampak soklon tropis Bolaven terhadao kondisi cuaca di Indonesia yakni hujan dengan intensitas ringan sampaui sedang terjadi di Sumatera bagian utara, sebagian besar Kalimantan, Sulteng, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Gelombang Laut dengan tinggi 2-3 meter berpeluang di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Timur Kepulauan Wakatobi, Perairan Timur Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Perairan Selatan Ambon, Perairan Kepulauan Kai dan Aru, Perairan Kepulauan Sermata dan Leti, Perairan Kepulauan Babar dan Tanimbar, Laut Arafuru, Perairan Yos Sudarso, Perairan Merauke.

"Gelombang Laut dengan tinggi 3-4 meter juga berpeluang di Laut Arafuru selatan Merauke, Laut Cina Selatan," ujar Sutopo.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8456 seconds (0.1#10.140)