Sedang berbuka puasa, gempa 6,2 SR kejutkan warga Palu

Sabtu, 18 Agustus 2012 - 23:12 WIB
Sedang berbuka puasa, gempa 6,2 SR kejutkan warga Palu
Sedang berbuka puasa, gempa 6,2 SR kejutkan warga Palu
A A A
Sindonews.com - Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Ritcher mengguncang Palu, Sulawesi Tengah. Gempa di akhir Ramadan ini tidak berpotensi tsunami.

Informasi yang diperoleh Sindonews dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa terjadi sekira pukul 16.41 WIB sore tadi, Sabtu (18/8/2012).

"Gempa dirasakan sangat keras oleh masyarakat di Palu selama 15 detik yang sedang berbuka puasa," ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews.

Gempa yang menurut U.S. Geological Survey (USGS) berkekuatan 6,6 SR ini berlokasi di koordinat 1.21 Lintang Selatan dan 120.08 Bujur Timur, atau 27 Km Barat Daya Parigimoutong Sulawesi Tengah, 38 Km Tenggara Sigi Sulawesi Tengah, dan 40 Km Tenggara Palu Sulawesi Tengah.

Pusat gempa pada kedalaman 10 Km dan berada di daratan yang merupakan bagian dari sesar Palukoro. "Sesar Palukoro bergerak rata-rata 3 Cm per tahun sehingga sangat berbahaya. Namun gempa tidak berpotensi tsunami," jelas Sutopo.

Intensitas gempa mencapai VI-VII MMI. Masyarakat Kota Palu dilaporkan sempat berhamburan keluar rumah. Namun Informasi dari BPBD Kota Palu hingga saat ini tidak ada dampak terhadap bangunan di kawasan perdagangan, Mall Tatura Palu, hotel Santika 9 lantai, dan perkantoran.

"Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan sebagian lagi takbir. BPBD Kota Palu sedang melakukan pendataan. Informasi akan disampaikan jika ada perkembangan," tutup Sutopo.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6900 seconds (0.1#10.140)