Di Yogja ada mie mengandung borak

Selasa, 07 Agustus 2012 - 15:48 WIB
Di Yogja ada mie mengandung borak
Di Yogja ada mie mengandung borak
A A A
Sindonews.com - Menjelang lebaran, Tim Pemantau harga dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DIY, siang tadi melakukan pantauan di tiga pasar di DIY. Di Pasar Beringharjo dan Wates. Dalam pemeriksaan ini, tim menemukan mie basah yang positif mengandung borak.

Kepala seksie Pemeriksaan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DIY Ani Fatimah menyatakan, ada mie basah yang dijual di pasar itu mengandung Borak. Jika dilihat sepintas, sangat sulit membedakannya.

Namun ketika dilakukan uji laboratoirum, akan ketahuan ada
tidaknya kandungan borak. Untuk itulah, setiap sidak, BBPOM selalu membawa mobil laboratirum. Sehingga ketika dilakukan sidak, akan langsung diketahui hasilnya.

Kandungan borak ini, memenag tidak berefek langsung pada tubuh. Tapi dalam kondisi dan kandungan yang tinggi badan akan merasa tidak enak. Bahkan kandungan borak ini bisa menimbulkan penyakit, akibat reaksi kimia dalam tubuh.

Selain mie basah, BBPOM juga meneliti ikan, tahu, bumbu siap saji. Namun
hasilnya dalam kondisi baik dan tidak mengandung borak ataupun rodamin. “Pedagang ini tidak buat hanya kulakan, tetapi pembuatnya sudah kita ketahui dan akan kita tegur,” jelasnya.

Koordinator tim pemantau Sugeng Purwanto, mengatakan dari pantauan harga
semuanya stabil. Beberapa komoditas yang sempat melambung sudah turun.
Harapannya kondisi ini dapat bertahan sampai lebaran nanti. “Sampai lebaran kita masih akan pantau,” tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4300 seconds (0.1#10.140)