Ditembak di Malaysia, 3 WNI diduga TKI ilegal

Kamis, 21 Juni 2012 - 16:53 WIB
Ditembak di Malaysia,...
Ditembak di Malaysia, 3 WNI diduga TKI ilegal
A A A
Sindonews.com - Tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditembak polisi Diraja Malaysia diduga merupakan tenaga kerja ilegal. Pihak Kemenakertrans masih menelusuri data dari ketiga WNI tersebut.

Penelusuran tersebut akan mencari tahu prosedur ketiga WNI hingga bisa sampai ke Malaysia. Sejauh ini, belum diperoleh kejelasan apakah mereka diberangkatkan oleh perusahaan pengerah tenaga kerja atau lewat jalur lain.

"Namun informasi per hari ini yang kita terima dia tidak mengikuti prosedur yang resmi,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar ditemui di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (21/6/2012).

Karena itu dia menduga mereka merupakan TKI ilegal. Meski begitu pihaknya akan terus mengejar keberadaan perusahaan yang kemungkinan memberangkatkan mereka. Selain itu, Kemenakertrans terus berupaya untuk menggali informasi yang lengkap tentang data ketiga WNI tersebut.

Jika nantinya, mereka terdaftar resmi di perusahaan tertentu maka pemerintah akan turun tangan untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan yang memberangkatkan. Pemerintah tetap bertanggung jawab terhadap ketiga WNI tersebut sembari menunggu proses hukum selanjutnya.

Seperti diberitakan, tiga orang WNI ditembak Kepolisian Diraja Malaysia dua hari lalu. Mereka adalah Sumardiono (34) asal Lumajang Jatim, Masudi (28) asal Bangkalan, dan Hasbullah (25) yang belum diketahui asalnya di Indonesia.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0656 seconds (0.1#10.140)