Pekerja pabrik tertimpa baja 3,6 Ton

Senin, 14 Mei 2012 - 09:52 WIB
Pekerja pabrik tertimpa...
Pekerja pabrik tertimpa baja 3,6 Ton
A A A
Sindonews.com - Tamis bin Rastum, karyawan pabrik baja PT KPSS yang berlokasi di Kecamatan Pangkalan, tewas setelah tertimpa baja seberat 3,6 ton akibat rantai pengangkat benda tersebut putus.

Dewan Pertimbangan Organisasi SPSI Karawang Dudung Ridwan mengatakan, peristiwa nahas tersebut terjadi pada Sabtu 12 Mei pukul 18.00 WIB saat korban yang tercatat sebagai warga Kampung Kretek 04/01 Taman Mekar, lembur. Ketika itu, Tamis mengangkat baja yang beratnya mencapai 3,6 ton dengan hoist. Nahas, rantai hoist putus dan langsung menimpa korban. Dudung menduga, kecelakaan kerja karena minimnya penggunaan alat keselamatan kerja yang memadai.

“Banyak alat yang sudah tidak layak namun masih digunakan,” jelasnya.

Pada awal Mei, seorang pekerja juga mengalami kecelakaan tersiram baja cair dengan panas mencapai 1.600 derajat celcius.

“Kami minta pemerintah meninjau ulang Standar Operasional Prosedur (SOP) Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) PT KPSS,” tutur Dudung.

Manajer HRD PT KPSS, Asep Kasyadi mengatakan, pihak perusahaan akan memberikan santunan bagi keluarga korban. Terkait SOP untuk K3, dia mengaku belum memilikinya dan baru akan dilakukan dengan mengadakan pelatihan K3 bekerja sama dengan Disnaker.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0682 seconds (0.1#10.140)