Pertemuan jenderal di Bali bahas capres?

Sabtu, 12 Mei 2012 - 23:05 WIB
Pertemuan jenderal di...
Pertemuan jenderal di Bali bahas capres?
A A A
Sindonews.com - Pertemuan para jenderal alumni Akademi Militer tahun 1973 di Istana Tampaksiring, Bali, yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diduga membahas figur calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang.

Bahkan spekulasi dan isu yang berkembang, SBY mengumpulkan para jenderal guna mempersiapkan sosok calon penggantinya yang juga berasal dari militer. Namun hal itu dibantah Ketua DPD Partai Demokrat Bali I Made Mudarta.

"Tidak ada arah ke sana, sejauh yang saya tahu, itu pertemuan lebih pada silaturahmi untuk mempererat kebersamaan di antara para alumni Akmil," kata Mudarta kepada wartawan di Denpasar, Sabtu (12/5/2012).

Dia meyakini, tidak ada arah pembicaraan ke politik, mengingat agenda SBY di Bali lebih pada tugas selaku kepala pemerintahan dan kenegaraan.

Juga tidak benar jika dikatakan ada upaya penggalangan kekuatan angkatan 73 untuk kepentingan SBY di tahun 2014. Dia memastikan, pertemuan SBY dengan teman seangkatananya di lebih banyak nuansa reuninya ketimbang bermuatan poltis.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan biasa antara teman-teman seangkatannya dan tidak ada agenda khusus dalam pertemuan tersebut bahkan tidak masuk dalam agenda utama selama SBY di Bali. Terlebih dalam pertemuan tersebut tidak hanya dihadiri kalangan TNI namun juga angkatan sama di jajaran Polri.

Dengan latar belakang profesi dan partai politik yang kini digeluti para alumnus 73, sehingga kecil kemungkinan ada isu mobilisasi kekuatan untuk kepentingan politik.

Sebelumnya, banyak spekulasi berkembang jika SBY mengumpulkan angkatan 1973 di Istana Tampaksiring Kabupaten Gianyar, diduga untuk penggalangan kekuatan pada tahun 2014. SBY sendiri telah berada di Bali dua hari ini, guna memimpin pertemuan kenegaraan dengan para menteri dan pejabat pemerintahan lainnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3245 seconds (0.1#10.140)