Ruang pameran karya narapidana di Jabar diresmikan

Jum'at, 04 Mei 2012 - 11:44 WIB
Ruang pameran karya narapidana di Jabar diresmikan
Ruang pameran karya narapidana di Jabar diresmikan
A A A
Sindonews.com - Narapidana kini tidak bisa dipandang sebagai pesakitan lagi di Lembaga Pemasyarakatan (LP). Kini, Ruang Pamer dan Pameran Hasil Karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) alias narapidana di Jawa Barat diresmikan.

Peresmian Ruang Pamer dan Pameran Hasil Karya narapidana dilakukan Menteri Hukum dan HAM (Kemenhukham) Amir Syamsudin, di Kantor Kanwil Jabar, Jalan Jakarta, Bandung, Jumat (4/5/2012).

Dalam peresmian terkait peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-48 Tahun 2012 itu, Kemkumham Amir menandatangani prasasti Gedung Ruang Pamer Hasil Karya narapidana.

Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Kepala Kanwil Jabar Kemenhukham Nasir Almi.

Kata Kakanwil Jabar Nasir Almi, adanya ruang pamer berhubungan dengan program pembinaan dan bimbingan kerja yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jabar.

"Besarnya potensi WBP sebagai modal untuk mengoptimalkan fungsi Ruang Pamer ini ke depan," kata dia, dalam sambutan peresmian ruang pamer.

Ruang pamer tersebut fungsinya sebagai sarana pendukung program pembinaan WBP. Juga sebagai sarana kemitraan dengan dunia usaha untuk pemberdayaan WBP. "Untuk menghasilkan nilai seni dan ekonomis," katanya.

Saat ini, jumlah narapidana di Jabar sebanyak 17.453 orang. Yang mengikuti kegiatan bimbingan kerja setiap harinya rata-rata sebanyak 4.934.

Lanjut Nasir, mereka bergerak di berbagai bidang usaha seperti industri, keterampilan, jasa, perikanan, pertanian, perikanan dan lainnya.

Ke depan, hasil karya terbaik para narapidana tersebut akan mengisi ruang pamer.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5823 seconds (0.1#10.140)