Pengamanan naskah UN di Pasuruan berlapis

Kamis, 12 April 2012 - 18:58 WIB
Pengamanan naskah UN...
Pengamanan naskah UN di Pasuruan berlapis
A A A
Sindonews.com - Meski disimpan dalam gudang di Mapolresta Pasuruan, pengamanan naskah Ujian Nasional (UN) dilakukan secara berlapis. Selain dilakukan penyegelan pada pintu gudang, tiga kunci gembok yang terpasang disimpan oleh tiga orang berbeda.

Tiga orang pemegang kunci itu berasal dari petugas kepolisian, dinas pendidikan, dan pengawas independen dari perguruan tinggi. Pengamanan berlapis ini sekaligus menjamin naskah Unas yang tersimpan tidak akan bocor.

Kasi Pembinaan dan Kurikulum SMP, SMA dan SMK Dinas Pendidikan Kota Pasuruan, Endang Nurmiyati mengungkapkan, naskah UN yang tersimpan di gudang Polresta tersebut berisi 22.602 eksemplar naskah untuk SMA/MA, 15.762 eksemplar naskah SMK.

Berbeda dengan tempat lain, pendistribusian naskah UN ini akan dilakukan serempak pada saat ujian akan dilakukan. Hal ini karena secara geografis jarak tempuh Mapolresta dengan lokasi sekolah tidak terlalu jauh.

"Ada lima subrayon yang bertanggung jawab dalam pendistribusian naskah Unas hingga sampai di sekolah. Mereka akan mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian," kata Endang.

Sementara itu, pengamanan dan distribusi naskah UN di Kabupaten Pasuruan akan dilakukan secara berjenjang. Setelah disimpan di gudang Mapolres Pasuruan, naskah Unas tersebut akan didistribusikan pada 24 Polsek pada hari Jumat.

"Panitia Unas akan mendapatkan pengawalan petugas kepolisian untuk mengambil dan menyimpan naskah UN di masing-masing Polsek. Naskah Unas akan dibagikan ke sekolah pada hari pelaksanaan UN," kata Kabag Ops Polres Pasuruan Kompol Jajak Herawan.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)