Siswa miskin pasrah hadapi UN

Kamis, 12 April 2012 - 09:40 WIB
Siswa miskin pasrah hadapi UN
Siswa miskin pasrah hadapi UN
A A A
Sindonews.com – Sepekan jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2012,beragam perasaaan dialami pihak sekolah dan siswa. Ada yang pasrah, dan ada pula yang cemas hingga menggelar zikir bersama bersama di sekolah.

Siswa SMP Yayasan Pendidikan Pembangunan Daerah (Yaspemda) Belawan misalnya, mereka mengaku pasrah menghadapi UN.Maklum,persiapan mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu tidak sebaik dengan siswa di sekolah favorit. Kepala SMP Yaspemda Belawan, Heriati mengaku,hanya dua kali melakukan try out terhadap para siswa.Hasil dari kedua try out itupun belum maksimal.

“ Hanya pas-pas saja nilainya, untuk standar 5,5, ya bisa terlewati.Tetapi, nggak bisa dijamin pada waktu ujian bisa sama hasilnya,” ucap Heriati, saat ditemui,kemarin. Pihak sekolah juga sudah melakukan les tambahan di sekolah untuk mempersiapkan siswa menghadapi UN. Hanya saja, keterbatasan yang ada membuat persiapan tidak sebaik sekolah favorit.“Di sini (sekolah) yang belajar anakanak miskin,orangtuanya ratarata nelayan. Jadi, kami nggak bisa buat kegiatan-kegaitan seperti sekolah sekolah lain,” jelas Heriati.

Heriati menyadari proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah selama ini tidak maksimal. Selain keterbatasan tenaga pengajar, dan fasilitas pendidikan, individu siswa juga kurang mendukung. Meski begitu, Heriati berkeyakinan seluruh siswanya bisa lulus UN.Dari pengalaman sebelumnya hampir 99 % siswanya lulus UN. Kepala SMP Tamansiswa, Belawan Umi Harianingsih juga mengaku cemas sepekan menjelang UN.“Ya,takut juga.

Namanya ujian, takutnya banyak nggak lulus,”ucap Umi Persiapan yang sudah dilakukan pihak sekolah selama ini adalah dengan melakukan try out sebanyak tiga kali, ditambah les tambahan.Dari hasil try out tersebut, secara umum siswa sudah mampu melampaui standar kelulusan.Namun, untuk mencapai hasil terbaik kemungkin sulit. “Ya, kalau untuk lulus saja mungkin bisa.

Tetapi kalau untuk nilai tertinggi belum tahu,”jelasnya. Sementaraitu,KepalaSMA AlWashliyah Univa Safwan memastikan seluruh siswanya sudahsiapmengadapiUN. Sebab, pihaknya sudah membekali para siswa dengan ujian ulang dan les tambahan“Sejauh ini siswa-siswa sudah siap untuk menghadapiujian,”ucapnya.

Safwan yakin seluruh siswanya tahun ini bisa lulus,karena standar kelulusan tidak lagi mutlak dari hasil UN, tapi juga dibantu nilai sekolah. Siswa SMA Negeri 13 Medan juga dipastikan siap menghadapi UN pekan depan. Kepala SMA Sutisno yakin siswasiswanya bisa menjawab soal UN dengan baik.

“Kami sudah buat try out delapan kali.Kami juga sudah zikir dan doa di sekolah, dan mudah mudahan bisa lulus semuanya,”ucapnya. Salah seorang siswa SMA Negeri 13 Medan Ardiansyah mengaku, persiapan yang sudah dilakukan sekolah sudah cukup baik. Mulai dari pembelajaran di kelas hingga les tambahan. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5331 seconds (0.1#10.140)