E-KTP di Gunungkidul salah cetak

Kamis, 22 Maret 2012 - 09:43 WIB
E-KTP di Gunungkidul salah cetak
E-KTP di Gunungkidul salah cetak
A A A
Sindonews.com - Jika dilihat sekilas, memang e-KTP yang diterima tidak ada kesalahan. Sebenarnya ada kesalahan penulisan nama kabupaten, dari yang seharusnya Gunungkidul menjadi 'Gunung Kidul'.

”Kelihatannya memang simpel, hanya salah spasi. Namun, hal ini bisa berakibat fatal ketika semua data nantinya elektronik. Padahal, akta kelahiran warga juga sudah menyebut Gunungkidul. Ini bisa menjadi persoalan di kemudian hari,” kata Kepala Seksi Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul Kelik Yuniantoro Rabu 22 Maret 2012.

Disdukcapil telah berupaya mengklarifikasi kesalahan tersebut sejak lama.Namun, masih saja terjadi kesalahan penulisan nama kabupaten dalam e-KTP.

”Yang jelas itu bukan dari kami,entah data di pusat seperti apa.Agaknya data di pusat tidak memperhatikan nama kabupaten ini,” paparnya.

E-KTP yang baru saja diterima tersebut merupakan kiriman tahap pertama dari 18 kecamatan yang sudah melakukan rekam data pada tahap awal.

”Jadi masing-masing kecamatan sudah jadi sekitar 100 KTP. Ini sudah kita terima dua bulan yang lalu,” ujarnya.

Jika tidak ada perubahan, Kelik memperkirakan e-KTP tahap berikutnya akan terjadi kesalahan yang sama. ”Kita tetap akan melakukan koreksi dan menyampaikan ke pusat,” ucapnya.

Terkait desainnya, bentuk e-KTP tidak berbeda jauh dengan KTP yang sudah dimiliki warga. Hanya, e-KTP lebih tebal seperti kartu surat izin mengemudi (SIM) atau ATM. ”Sementara chipada di dalamnya,” ujarnya.

Saat ini jumlah warga yang telah melakukan rekam data e-KTP di Gunungkidul sebanyak 544.145 orang dari total wajib e-KTP 564.000 warga.

Plt Sekda Gunungkidul Budi Martono menjelaskan, kesalahan yang dianggap kecil tersebut dapat berimbas pada beberapa sistem administrasi yang lebih panjang di Indonesia.

”Namun,kami memastikan bahwa itu kesalahan cetak. Seharusnya ini menjadi koreksi, apalagi e-KTP,” tandasnya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3669 seconds (0.1#10.140)