Ormas rusak fasilitas gedung baru DPRD Jabar

Kamis, 23 Februari 2012 - 16:55 WIB
Ormas rusak fasilitas...
Ormas rusak fasilitas gedung baru DPRD Jabar
A A A
Sindonews.com - Puluhan anggota organisasi masyarakat (ormas) dari Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan Jaringan Komunikasi Amanat Rakyat (Jangkar), melakukan pengrusakan terhadap fasilitas pembangunan gedung baru DPRD Jabar yang tengah dibangun di samping Lapangan Gasibu Jalan Diponegoro, Bandung.

Awalnya dua kelompok massa tersebut melakukan unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Provinsi Jabar menolak pembangunan gedung baru dewan hampir senilai Rp100 miliar itu.

Beberapa orang tampak menaiki pagar Gedung Sate Bandung, sambil berorasi. Seteleh itu massa menuju ke tempat pembangunan gedung DPRD baru. Puluhan orang yang mayoritas mengenakan baju hitam mulai merusak beberapa triplek yang menjadi pagar pembangunan gedung baru tersebut. Massa lalu masuk ke dalam lahan proyek dengan cara merusak rantai pagar.

Massa juga sempat menghancurkan pos penjagaan yang terletak didekat pintu masuk. Bahkan massa memaksa para pekerja untuk menghentikan pekerjaannya.

Ketua Umum GMBI Fauzan Rachman mengatakan, aksi gabungan tersebut berusaha menolak pembangunan gedung DPRD baru yang berada di lahan sengketa.

"Pembangunan gedung dewan tersebut cermin dari bentuk kesewenang-wenangan dan tidak menghormati proses hukum," katanya, di Gedung DPRD Jawa Barat Kamis (23/2/2012).

Menurutnya, gedung DPRD yang ada masih memadai dan layak bagi anggota dewan. "Ini bentuk pemborosan keuangan Pemprov Jabar," tegasnya.

Pihaknya meminta agar pembangunan gedung baru DPRD Jabar tersebut segera dihentikan. Dia juga meminta aparat penegak hukum agar memeriksa semua pihak terkait dalam perencanaan dan pembangunan gedung baru tersebut.

Dia juga mencurigai, ada motif kepentingan dan memperkaya diri anggota dewan yang terlibat pembangunan gedung baru. "Seharusnya anggota DPRD Jabar mengutamakan pembangunan anggaran untuk kepentingan rakyat daripada membangun fasilitas," pungkasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8392 seconds (0.1#10.140)