Aktivitas Gunung Papandayan kembali meningkat

Minggu, 15 Januari 2012 - 10:26 WIB
Aktivitas Gunung Papandayan kembali meningkat
Aktivitas Gunung Papandayan kembali meningkat
A A A
Sindonews.com - Aktivitas vulkanis Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, kembali meningkat dibanding hari-hari sebelumnya.

Pos Pengamatan Gunung Api Papandayan mencatat, sedikitnya terjadi 24 kali gempa vulkanik B, 5 kali gempa vulkanik B, 1 kali gempa tektonik lokal, dan 3 kali gempa tektonik jauh. Peningkatan gempa vulkanik terjadi sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, kemarin.

Meski mengalami peningkatan, aktivitas lain seperti letupan-letupan di sejumlah kawah Gunung Papandayan tidak terjadi.

”Sedangkan pada Jumat (13/1), terjadi gempa 16 kali vulkanik B,5 kali gempa vulkanik A, 1 kali gempa tektonik lokal,dan 5 kali tektonik jauh,” jelas Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Papandayan Momon, kemarin.

Atas kondisi ini, masyarakat diminta waspada untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, terutama mereka yang tinggal di kaki gunung. ”Selama status siaga yang sudah ditetapkan sejak 13 Agustus2011, ancaman bahaya letusan atau mengeluark an gas beracun di khawatirkan akan terjadi secara tiba-tiba. Untuk itu, sekali lagi kami mengimbau warga agar tetap waspada,” tegasnya.

Kapolsek Cisurupan Kompol Edet Hermawan mengatakan, pihaknya hingga kini masih terus melaksanakan patroli di kawasan Gunung Papandayan untuk memantau agar masyarakat dan pengunjung tidak mendekati kawah gunung tersebut.

Menurut dia, jalur masuk menuju kawasan wisata kawah Gunung Papandayan hingga saat ini masih ditutup. ”Setiap hari kami patroli. Kami kirim petugas ke atas untuk memastikan tidak ada pengunjung yang naik,” ungkap Edet.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7842 seconds (0.1#10.140)