8 Desa di Kendal terendam banjir

Senin, 09 Januari 2012 - 08:50 WIB
8 Desa di Kendal terendam banjir
8 Desa di Kendal terendam banjir
A A A
Sindonews.com - Ratusan rumah di delapan desa di Kabupaten Kendal terendam banjir setelah wilayah itu diguyur hujan deras sejak Sabtu (7/1) malam hingga dini hari tadi.

Banjir terjadi akibat Kali Kendal dan Kalu Kuto meluap. Luapan Kali Kendal menyebabkan ratusan rumah di lima kelurahan, yakni Kelurahan Ngilir, Pegulon, Sijeruk, Langenharjo, Kebondalem, dan Kalibuntu, Kecamatan Kendal terendam air dengan ketinggian sekitar 50 centimeter-100 centimeter.

Luapan Kali Kendal juga menyebabkan kompleks kabupaten terendam air hingga kantor bupati, rumah dinas (rumdin) Ketua DPRD, rumdin Dandim, dan LP Klas IIA terendam air.

Jalan Laut dan Jalan Habiproyo berubah menjadi lautan. Kendaraan roda dua terpaksa menghindari genangan air yang cukup tinggi. Sedang luapan Kali Kuto menyebabkan Desa Jatipurwo dan Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari terendam air dengan ketinggian hingga 70 centimeter.

Selain merendam perumahan warga, hujan deras yang mengguyur daerah atas menyebabkan bagian belakang rumah milik Suhadi, warga Desa Bendosari RT 02/III, Kecamatan Plantungan, roboh.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Salah seorang warga Kelurahan Ngilir, Miftahul Amin (45), menuturkan air sudah memasuki areal permukiman warga sejak dini hari.Luapan air mencapai puncak sekira pukul 02.00 WIB. “Sudah biasa, tiap tahun luapan Kali Kendal menggenangi permukiman warga,”ujar Ketua RT 04/I ini.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Endro Kunarno menambahkan, penyebab banjir karena curah hujan di daerah atas sangat tinggi. Pihaknya sudah menyiapkan tim SAR dan perahu karet untuk mengevakuasi warga jika sewaktu- waktu dibutuhkan.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3545 seconds (0.1#10.140)