Bikin Face Shield, Kreasi Anak Muda Berau saat di Rumah

Senin, 06 April 2020 - 15:02 WIB
Bikin Face Shield, Kreasi Anak Muda Berau saat di Rumah
Bikin Face Shield, Kreasi Anak Muda Berau saat di Rumah
A A A
BERAU - Menjadi anak muda di tengah pandemi Covid-19 tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi harus terus berada di rumah tanpa kegiatan sama sekali akan sangat membosankan. (Baca: Penularan Empat Kasus Positif Corona di Palangka Raya Berasal dari Lokal)

Namun itu berbeda dengan anak muda di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengisi hari-hari dalam rangka jaga jarak sosial dan tetap berada di rumah. Para pemuda di Berau bikin face shield atau pelindung wajah yang didonasikan kepada tenaga medis.

Para mahasiswa dari Polteknik Sinar Mas Berau bekerjasama dengan sejumlah UMKM menggelar workshop pembuatan pelindung wajah bagi tenaga medis. Pelindung wajah ini dirancang agar tenaga medis terlindung dari droplet atau cipratan cairan.

Salah satu rumah sakit yang mendapat bantuan adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahma Rivai Tanjung Redeb, Berau. Bantuan face shield ini diterima perwakilan rumah sakit, dr Erva.

“Bantuan seperti ini sangat dibutuhkan tenaga medis untuk membantu penanganan pasien dengan gejala Covid-19,” kata Erva.

Sejauh ini, kata Erva, bantuan yang datang adalah wujud kerjasama yang baik antara masyarakat dengan tenaga medis dalam memerangi pandemi.

“Tentu kita sangat berterima kasih atas segala bantuan ini dan kita harapakan mampu menginsiprasi banyak pihak,” katanya.

Pembuatan pelindung wajah ini bukti kerjasama antara masyarakat, lembaga pendidikan dan perusahaan. Salah satunya adalah PT Berau Coal lewat program pengembangan masyarakat.

“Face Shield ini merupakan kreasi UMKM Berau dan karya anak - anak muda yang dibuat sendiri dan bukan beli dari luar,” kata Corporate Communications Manager PT Berau Coal, Senin (6/4/2020).

Menurut Arif, karya anak muda dan UMKM ini selain membantu tenaga medis, juga turut mendukung UMKM agar tetap jalan di tengah pandemi. Sebab perusahaan akan membeli dan menyerahkan ke tenaga medis atau masyarakat yang membutuhkan.

“Pemesanan pelindung wajah produksi lokal diharapkan mampu memberi pemasukan bagi UMKM Lokal supaya tetap berjalan di kondisi yang menantang ini,” tambah Arif.

Selain face shield, Berau Coal juga berkomitmen mendukung alat pelindung yang lain berupa masker, sarung tangan, baju medis, kaca mata, sepatu boot, keranda medis khusus COVID 19 dan rapid test untuk ODP dan PDP di RS Abdul Rivai.

“APD Medis tersebut nantinya akan diserahkan ke RSUD Abdul Rivai dan saat ini sedang dilakukan pengadaan secara bertahap, ini merupakan komitmen dan kontribusi program pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan Covid-19 di Berau,” pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5354 seconds (0.1#10.140)