alexametrics

Sebanyak 26 Orang di Sumut Terinfeksi Corona, 2 di Antaranya Tenaga Medis

loading...
A+ A-
MEDAN - Masyarakat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang positif terinfeksi coronavirus disease 2019 (covid-19) sebanyak 26 orang, termasuk dua di antaranya merupakan tenaga medis yang masih dirawat inap di dua Rumah Sakit berbeda (data per 31 Maret 2020).

Koordinator Penanganan Virus Corona Tim PINERE (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik (HAM), dr Ade Rahmaini MKed (Paru) SpP mengatakan ada dua tenaga medis yang terinfeksi covid-19 dan masih dalam perawatan medis di dua Rumah Sakit berbeda. "Ada 2 orang, tapi kami hanya merawat satu di RS Adam Malik," terang dokter Ade, Rabu (1/4/2020).

dr Ade memastikan tenaga medis positif covid-19 yang dirawat dan diisolasi di RSUP H Adam Malik bukan karena tertular akibat merawat pasien corona di Sumut."Bukan tertular, tapi dia dari daerah terjangkit. Sedangkan yang satu lagi biar pihak dinas aja yang kasih statement ya. Kan bukan kami yang rawat," ungkapnya.



Terkait kondisi tenaga medis yang diisolasi di RS Adam Malik, lanjut dr Ade, masuk dalam kategori ringan."Alhamdulillah, masuk kategori ringan," tuturnya. Saat ini, ada dua orang positif covid-19 di Sumut yang sudah meninggal dunia. Satu orang sempat dirawat di RSUP H Adam Malik dan satunya lagi di RS Siloam Medan.

Selain pasien dalam pemantauan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), ada juga istilah orang tanpa gejala (OTG) pada kasus covid-19 ini. "Sekarang buku pedoman sudah revisi yang ke empat. Ada OTG. OTG itu orang yang kontak erat sama pasien covid-19 positif. Kita kan ada pasien covid positif. Jadi OTG pasti ada. Orang tanpa gejala yang berisiko tertular karena kontak erat covid-19, mereka harus dinilai juga diperiksa juga Swab-nya," sebutnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini sudah ada tiga tenaga medis yang positif covid-19 di Sumut. Satu di antaranya sudah meninggal, dua orang masih dirawat di dua RS berbeda di Sumut.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top