Giliran Warga Sumsel Dilarang Pulang Kampung

Senin, 30 Maret 2020 - 14:15 WIB
Giliran Warga Sumsel Dilarang Pulang Kampung
Giliran Warga Sumsel Dilarang Pulang Kampung
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru melarang warga Bumi Sriwijaya yang saat ini sedang merantau atau berada di luar daerah untuk pulang kampung. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

"Perpindahan masyarakat dari satu daerah ke daerah lain atau yang kini disebut transmisi lokal menjadi media paling aktif dalam menyebarakan corona," kata Herman Deru, Minggu (29/3/2020). (Baca juga: Bule di Bali Mulai Stres, Bentur Kepala ke Tembok Hingga Telanjang)

Deru mengatakan, masyarakat kini belum banyak menyadari apakah mereka telah terpapar virus itu atau belum. Karena itu, warga Sumsel yang saat ini merantau atau sedang berada di daerah lain untuk sementara waktu tidak pulang kampung dulu.

“Bukan hanya tidak boleh mudik, mereka juga saya imbau untuk menghindari risiko penularan. Seperti datang ke acara yang banyak mengumpulkan massa,” ujarnya.

Menurut dia, transmisi lokal merupakan penyebab aktifnya penularan virus itu. Pemprov Sumsel juga telah meminta semua pemerintah di kabupaten/ kota agar dapat aktif bersama-sama memastikan kondisi di daerahnya aman.

"Kepala daerah di Sumsel sudah saya warning agar setiap ada warganya yang baru pulang dari daerah zona merah segera dilacak dan ambil tindakan antisipasi sesuai prosedur,” tandasnya.

Tidak hanya itu, pemprov bersama pemerintah daerah juga memperketat pintu masuk ke Sumsel. “Pengawasan di seluruh pintu masuk baik laut, udara, dan darat sudah diawasi secara maksimal,” paparnya.
(nbs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6064 seconds (0.1#10.140)