RS Khusus Corona Batam Pekan Depan Sudah Difungsikan

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:24 WIB
RS Khusus Corona Batam Pekan Depan Sudah Difungsikan
RS Khusus Corona Batam Pekan Depan Sudah Difungsikan
A A A
BATAM - Pembangunan rumah sakit khusus penyakit menular atau virus corona di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau sudah mencapai 78%. Ditargetkan, RS ini sudah bisa difungsikan pada senin pekan depan.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idam Azis saat meninjau perkembangan pembangunan rumah sakit ini, Rabu (25/3/2020). Dalam kunjugannya, Panglima TNI dan Kapolri melakukan pengecekan terhadap pengerjaan secara keseluruhan di dua lokasi fasilitas yakni fasilitas observasi isolasi serta ruangan pendukung untuk para medis yang akan dipekerjakan di rumah sakit khusus penyakit menular itu. (Baca juga: Panglima TNI Bersama Kapolri dan Menteri PUPR Tinjau Pembangunan RS Khusus di Pulau Galang)

“Pekerjaan pembangunan telah mencapai 78% di mana saat ini sudah siap pembangunan ruang untuk observasi sudah ada 340 tempat tidur dan 20 tempat tidur di ruang isolasi,” ungkap Hadi Tjahjanto.

Dan setiap ruangan terutama ruangan isolasi ICU sudah dilengkapi dengan peralatan medis yang cukup. Bahkan, fasilitas pendukung seperti AC, oksigen, dan kamar mandi juga sudah lengkap.
“Rumah sakit ini siap dioperasikan Senin, 30 Maret mendatang. Rumah sakit ini mampu menampung 1.000 pasien penyakit menular,” paparnya.

Pemerintah pusat sedang memberikan berbagai pelatihan para pekerja medis untuk diperkerjakan di rumah sakit kusus pasien penyakit menular atau virus corona ini. Diharapkan, dengan adanya rumah sakit ini nantinya warga Indonesia yang memiliki penyakit menular tidak harus di rujuk ke rumah sakit yang lainnya.
(nbs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1453 seconds (0.1#10.140)