alexametrics

Cerita Pagi

Misteri Tujuh Ruang di Goa Gong, Ada Sumber Air Obat Awet Muda

loading...
Misteri Tujuh Ruang di Goa Gong, Ada Sumber Air Obat Awet Muda
Misteri Tujuh Ruang di Goa Gong, Ada Sumber Air Obat Awet Muda
A+ A-
Goa Gong. Nama itu sudah cukup dikenal. Tak hanya di Pacitan, Jawa Timur, namun juga terkenal di Indonesia. Bahkan, goa yang ditemukan sejak 1924 itu disebut-sebut stalaktit dan stalakmitnya paling indah di Asia Tenggara.

Konon, goa yang berada di Desa Pule, Kecamatan Punung, Pacitan tersebut ditemukan oleh dua warga setempat, Mbah Noyo dan Mbah Joyo. Kala itu, dua orang ini hendak mencari air minum. Di desa mereka sumber air tidak keluar, tak ada mata air yang bisa diambil untuk diminum dan keperluan yang lain.
Misteri Tujuh Ruang di Goa Gong, Ada Sumber Air Obat Awet Muda

Mbah Noyo dan Mbah Joyo ketika itu Mbah Noyo dan Mbah Joyo masuk ke dalam goa untuk mencari sumber mata air. Awalnya mereka mencari sumber air di dalam goa yang berjarak sekitar 400 meter dari permukiman penduduk.

Dengan bekal seadanya, Mbah Joyo dan Mbah Noyo menyusuri goa yang masih perawan, karena sebelumnya belum ada yang berani memasukinya.



Menurut cerita warga setempat, Nehan, saat menyusuri goa itu, Mbah Noyo dan Mbah Joyo berbekal penerangan obor yang terbuat dari daun kelapa (dalam bahasa Jawa disebut blarak) yang diikat lalu dibakar.
Misteri Tujuh Ruang di Goa Gong, Ada Sumber Air Obat Awet Muda

Setapak demi setapak, 2 orang ini menyusuri goa ini. Mereka menemukan beberapa sendang atau sumber mata air. Saking gembiranya telah menemukan sumber kehidupan yang dicarinya, Mbah Joyo dan Mbah Noyo pun menyempatkan diri untuk mandi.

Kontan saja, penemuan sumber air diceritakan kepada warga setempat dan seketika itu juga warga geger. Akan tetapi tak ada warga yang bernyali untuk memasuki goa dan membuktikan ada sumber air di dalamnya.

Kisah penemuan mata air tersebut terus terulang dan menjadi perbincangan di tengah mereka. Setelah beberapa tahun lamanya, seorang warga, Surahmin bersama 9 warga lain nekat masuk ke goa tersebut. Sejak itulah masyarakat sekitar tahu dan berani memasuki goa yang memiliki beberapa sendang (mata air) dan 7 ruang dengan berbagai kisah dan misterinya.
Misteri Tujuh Ruang di Goa Gong, Ada Sumber Air Obat Awet Muda

Ada Sendang Jampi Rogo (tubuh), Panguripan (penghidupan), Relung Jiwo (jiwa), Kamulyan (kemuliaan) dan Sendang Relung Nisto (membuang sial). Di Sendang Relung Nisto misalnya, bagi yang berendam di sana, diyakini akan bisa membuang sial. Begitu juga dengan sendang lain yang juga diyakini bisa mendatangkan kemuliaan jika mengambil air atau berendam di Sendang Kamulyan.

Sementara itu, 7 ruang dalam goa memiliki keunikan masing-masing. Ruang pertama dan kedua penuh dengan ukiran alam, terdapat sendang di ruangan ini. Dari ruang kedua, bisa langsung bisa memandang ke bawah sebagai ruang ketiga, juga dilengkapi sendang dengan air yang jernih. Di kiri kanan tampak beberapa lukisan dari batu-batuan juga banyak batu putih seperti kristal.

Terdapat salah satu lorong goa berwarna kemerahan dan dipasang tanda larangan masuk. Lorong ini sengaja ditutup untuk keselamatan. Lorong itu dalam sekitar 150 meter ke dalam, sehingga untuk masuk saja harus merangkak. Apalagi di dalam goa tidak ada oksigen.

Dahulu kala, warga sekitar percaya 3 sumber air di dalam goa memiliki khasiat tersendiri. Khasiat tersebut antara lain bisa membuang kesialan, jampiraga (jamu) bisa menyembuhkan penyakit. Air berkhasiat itu bisa merukunkan kehidupan rumah tangga. Namun, mitos tersebut menguap ditelan zaman sehingga keindahan goa tetap terjaga hingga kini.

Di ruang ketiga, terlihat stalaktit dan stalakmit besar yang terlihat nyambung. Di ruang ini dinamakan Selo Dudur Langit yang artinya batu penyangga bumi. Ruang keempat, ada batu-batu indah berupa marmer dan kristal yang menyatu. Begitu juga di ruang kelima, masih berupa pemandangan menawan bebatuan kristal yang mengagumkan. Di ruang keenam, ada Sendang Relung Nisto.

Ruang terakhir dalam goa tersebut adalah inti. Karena di ruangan tersebut terdapat stalagmit besar menggantung yang memiliki keajaiban, jika dipukul menggunakan tangan akan mengeluarkan bunyi seperti bunyi gong. Gong merupakan salah satu perangkat gamelan (perangkat musik Jawa).
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak