Muncul Petisi Dukungan Diah Warih Anjari sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo

Jum'at, 13 Maret 2020 - 10:17 WIB
Muncul Petisi Dukungan Diah Warih Anjari sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo
Muncul Petisi Dukungan Diah Warih Anjari sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo
A A A
SOLO - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo , Jawa Tengah menjadi magnet tersendiri. Selain karena ada nama Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berpotensi maju sebagai calon wali kota, dinamika perebutan rekomendasi pencalonan dari PDIP yang memiliki suara mayoritas di Solo juga menjadi polemik yang menarik.

Gibran kini sedang bersaing dengan Achmad Purnomo untuk mendapatkan rekomendasi sebagai calon wali Kota Solo dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Di tengah persaingan keduanya, kini muncul nama Diah Warih Anjari (Diwa) yang juga menginginkan rekomendasi dari PDIP. Namun bukan untuk posisi calon wali kota, tapi bakal calon wakil wali Kota Solo. (Baca juga: Akhir Maret, PDIP Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah Solo dan Medan)

Sebagai bentuk keseriusan, Diwa juga menggalang petisi dukungan yang telah disampaikan kepada Megawati. "Alhamdulillah surat Petisi Dukungan sudah diserahkan ke Ibu Megawati. Kami juga mengirim karangan bunga sebagai dukungan moral atas perjuangan Diwa maju lewat Pilkada Solo 2020 lewat PDIP," ujar Kordinator Relawan untuk Diwa, Syafrudin Budiman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/3/2020).

Dikatakan Syafrudin, surat petisi dukungan dan karangan bunga tersebut dikirimkan ke Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat pada Sabtu (7/3/2020). Dalam bingkai karangan bunga tersebut bertuliskan, "Petisi Dukungan Relawan Diah Warih Anjari (Diwa) for AD-2 (Solo)". Selain itu ada kalimat "Menang Bersama Bu Mega dan PDIP".

"Kami mendoakan Diwa bisa mendapatkan rekomendasi Pilkada Solo 2020 dari DPP PDIP. Figur Diwa memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi pemimpin Solo mendatang walau hanya sebagai Wakil Walikota," tutur Syafrudin Budiman yang juga Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan ini.

Sementara Ketua Umum Garuda Indonesia Jaya (GIJ) Rachmat Zainal Abidin yang mengirim petisi dukungan mengucapkan terima kasih kepada DPP PDIP yang telah menyambutnya dengan baik dan memberikan tanda terima bukti surat dukungan.

Petisi dukungan tersebut ditandatangani Syafrudin Budiman, Ketua Umum Relawan Mandiri Indonesia (RMI) Jalaludin Tafaul, Ketua Umum Wanita Barisan Pembaharuan (WBP) Heni Suhaini, Sekjen Kaukus Muda Indonesia (KMI) Ahmad Rouf, Ketua Dewan Pembina LSM Teropong Reformasi Wahyu Hartono, Direktur Andalan Institute (AI) Nur Asiyah Ika Ningsih, dan Ketua Umum Aliansi Pemilih Pintar (APP) Fauzi.

Selain itu, ada Korlap Komunitas Pemuda dan Mahasiswa untuk Demokrasi (KAMPUD) Usra Waiulung, Ketua Umum Garuda Indonesia Jaya (GIJ) Rahmat Zainal Abidin, Ketua Umum Pemuda Barisan Pembaharuan (PBP) Abdullah Amas, dan Ketua Umum Perempuan Garuda Indonesia Jaya (GIJ) Riana Kurniati.

Diah Warih Anjari diketahui putri asli Solo yang mempunyai latar belakang sebagai pengusaha, aktivis dan pegiat sosial. Kiprahnya di bidang politik diawali sebagai pendiri sekaligus Ketua Umum relawan Brigade #01 dalam Pilpres 2019.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5522 seconds (0.1#10.140)