KP2IT Akan Gandeng KPK Awasi Anggota DPR Daerah Pemilihan KTI

Selasa, 10 Maret 2020 - 20:48 WIB
KP2IT Akan Gandeng KPK Awasi Anggota DPR Daerah Pemilihan KTI
KP2IT Akan Gandeng KPK Awasi Anggota DPR Daerah Pemilihan KTI
A A A
PAPUA BARAT - Anggota DPR terutama dari kawasan Indonesia (KTI) kini lebih diawasi lagi dengan kehadiran lembaga Komite Pemuda Pembangunan Indonesia Timur (KP2IT).

Presiden KP2IT Ebit B.T, SH mengatakan pihaknya mempunyai fungsi kontrol dan mengawasi para anggota DPR dari dapil pemilihan KTI. " Terutama anggota Dewan terindikasi kasus penyuapan dan gratifikasi ataupun kasus korupsi," kata dia dalam siaran persnya yang diterima Selasa (10/3/2020).

Ebit berharap, data yang KP2IT dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan KPK, Kepolisian dan Kejaksaan dalam mengawasi anggota DPR agar tidak bermain dalam permainan legislasi dan budgeting terutama yang pernah bersentuhan dengan komisi anggaran dan komisi lainnya di DPR.

Ebit berharap, moralitas para DPR dari dapil KTI untuk menggunakan hak legislasi dan hak budgeting sesuai dengan etika profesi sebagai wakil rakyat yang amanah.

"Agar jangan hanya menjadi simbol rakyat di parlemen namun tidak pernah memperjuangkan hak rakyat,tetapi yang timbul adalah memperkaya diri dan kelompok dibanding dengan memperjuangan kesejahteraan rakyat di KTI," katanya.

Pihaknya, kata dia akan mendorong dan melakukan kerja sama dengan KPK dalam pemberantasan KKN di tubuh parlemen.Selain itu, Ebit menuturkan KP2IT akan melakukan aksi nyata turun ke jalan dengan massa sekitar 5.000 orang masyarakat KTI yang ada di Jabodetabek.Selain itu melibatkan semua DPD KP2IT di daerah akan aksi demontrasi di beberapa titik pusat pemerintahan.

"Ya kami akan melakukan aksi di KPK, Istana Negara,Gedung DPR, Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI, agar aspirasi KP2IT bisa di dengar dan dilaksanakan oleh para lembaga-lembaga negara tersebut," ujarnya

Ebit mengatakan, pada saat KP2IT turun dalam aksi nyatanya dalam memperjuangkan aspirasi untuk menyuarakan persoalan anggaran negara yang di peruntukan untuk kepentingan masyarakat di kawasan timur Indonesia yang nominal yang cukup besar.

(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7314 seconds (0.1#10.140)