Cegah Corona, PMI Solo Ajak Masyarakat Cuci Tangan Secara Benar

Minggu, 08 Maret 2020 - 10:47 WIB
Cegah Corona, PMI Solo Ajak Masyarakat Cuci Tangan Secara Benar
Cegah Corona, PMI Solo Ajak Masyarakat Cuci Tangan Secara Benar
A A A
SOLO - Palang Merah Indonesia (PMI) Solo menggelar deklarasi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) melalui langkah menjaga pola hidup bersih dan sehat, Minggu (8/3/2020) pagi. Bersama ratusan masyarat yang menghadiri area Car Free Day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, mereka diajak untuk mencuci tangan secara benar guna mencegah virus dari Wuhan, China tersebut.

Kepala Markas PMI Solo Agus Setyo Utomo mengatakan, berbagai negara hingga lembaga kesehatan internasional punya cara masing-masing untuk menangani warga yang terinfeksi, memberikan informasi soal penyebaran dan tindakan pencegahan virus jenis Covid-19.
"Menjaga pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar melalui langkah gemar mencuci tangan yang benar dan meningkatkan kekebalan tubuh menjadi tindakan yang tepat untuk pencegahan virus jenis Covid-19," kata Agus Setyo Utomo.

Virus corona dapat menyebar melalui udara, sehingga penularannya bisa terjadi dengan cepat. Penyebaran virus ini umumnya terjadi di lingkungan padat orang, seperti pasar, mal, bandara, termasuk di sekolah. CEO dan Sekretaris PMI Solo Sumartono Hadinoto mengemukakan, selain menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan salah satu langkah gemar mencuci tangan, yang juga tak kalah penting adalah tidak perlu panik dan latah dalam menyebarkan segala informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya. (Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Tracking Suspect Corona Secara Nasional).

Untuk Itu, sebagai langkah pencegahannya PMI Solo melakukan sosialisasi melalui kampanye cuci tangan yang bersih dan benar yang dilaksanakan di CFD. "Bukan hanya mengajak dan mengajarkan cuci tangan yang benar, PMI Solo juga akan membagikan 100 botol hand sanitizer dan 100 cup jamu hasil produksi Klinik Pratama PMI Solo," terang Sumartono.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7802 seconds (0.1#10.140)