Beras Bantuan Warga Miskin di Pulorejo Mojokerto Bau Apek dan Berwarna Kuning

Senin, 24 Februari 2020 - 16:40 WIB
Beras Bantuan Warga Miskin di Pulorejo Mojokerto Bau Apek dan Berwarna Kuning
Beras Bantuan Warga Miskin di Pulorejo Mojokerto Bau Apek dan Berwarna Kuning
A A A
MOJOKERTO - Sejumlah warga miskin di Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto mengeluhkan beras program bantuan sosial pangan Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto karena berwarna kuning dan merah serta berbau apek. Keluhan tersebut disampaikan sejumlah warga kurang mampu penerima program bantuan sosial pangan yang mengeluh setelah menerima bantuan beras yang kedua kalinya di tahun 2020 dari Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. (Baca: Sidak Gudang Bulog, Bupati Temukan 500 Ton Raskin Berkutu)

“Kondisi beras yang baru saja diambil dari agen dan warung di Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto setelah dibuka dari karung berwarna kekuningan dan warna kemerahan. Selain itu beras tersebut kondisinya banyak yang pecah dan berbau apek.” kata Kemi salah satu warga penerima beras yang tinggal di Desa Pulorejo, Senin (24/2/2020).

Kemi mengatakan, di tahun 2020 ini telah dua kali menerima beras bantuan miskin. Namun kondisi yang kedua ini lebih jelek dari beras yang diterima perkarung berisi 12 kilogram beras.

“Kondisi beras yang jelek biasanya oleh warga di selep kembali agar lebih bagus dan putih agar layak dikonsumsi dan juga sebagian digunakan kepada warga yang memiliki hajat,” timpalnya.

Setiap warga kurang mampu mendapat beras premium 12 kilogram setiap bulan ditambah telur dan kacang hijau untuk gizi dari Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto dengan Rp150 ribu.

Sementara itu Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto Muhammad Nizar mengatakan, pihaknya telah melakukan cek ke lokasi dengan instansi terkait dan memastikan hanya segelintir saja yang menerima beras jelek.

“Dari pengecekan memang ada beberapa kepala keluarga yang merasakan apek. Pihak Dinas Sosial akan memanggil agen pengambilan beras dan meminta untuk menggantinya,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7540 seconds (0.1#10.140)